Selamat Datang!

Taj Yasin: Uji Kompetensi Harus Dilakukan

Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen saat memberikan sambutan pada UKW PWI Jateng di Star Hotel Semarang, Kamis (25/7/2019)/foto: istimewa
SEMARANG- Uji Kompetensi ini sangat penting melihat fenomena akhir-akhir ini kepercayaan masyarakat terhadap pemberitaan mulai menurun. Mereka kesulitan membedakan mana yang benar, mana yang benar-benar pemberitaan abal-abal. Maka uji kompetensi ini benar harus dilakukan.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen pada Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Jateng, di Star Hotel Semarang, Kamis (25/7/2019).

"Terapkan Kode Etik Jurnalistik, pedomani UU Pers, UU ITE dan aturan lainnya, sehingga kepercayaan masyarakat meningkat," seru Wagub.

Komisi Pendidikan PWI Pusat Hendro Basuki mengungkapkan, pengaduan yang disampaikan kepada Dewan Pers per tahun rata-rata 500 kasus. Beberapa di antaranya dengan pelanggaran fatal.

Ketika ditanya wartawannya, ternyata mereka tidak pernah membaca Kode Etik Jurnalistik, UU Pers, dan lainnya. PWI bertanggung jawab, dengan memberikan bekal pengetahuan agar mereka kompeten.

"Jika tidak lulus, tidak apa-apa, ikut ujian lagi. Tidak ada istilah tidak kompeten, tapi belum kompeten," tegas Hendro. (*)


Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com