Selamat Datang!

6556 Napi Dapat Remisi, 208 Diantaranya Langsung Bebas

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo hadiri Upacara Penyerahan Remisi tahun 2019 dalam rangka HUT RI ke-74 di Aula Lapas Kelas I Semarang/foto: istimewa

SEMARANG - Sebanyak 6556 Narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di wilayah Jawa Tengah mendapatkan Remisi Umum ditahun ini.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Tengah, Sutrisman dalam laporannya pada Upacara Penyerahan Remisi Tahun 2109 dalam Rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 di Aula Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang, Sabtu (17/08).

Dari jumlah tersebut, 208 diantaranya dinyatakan langsung bebas, dikarenakan terhitung setelah mendapatkan remisi, mereka telah selesai menjalani masa pidananya.

Surat Keputusan Remisi sendiri, diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kepada dua perwakilan Narapidana Lapas Semarang.

Sambutan Politisi Partai PDIP ini mempertegas sambutan Menteri Hukum dan HAM RI.

Menurutnya, banyaknya jumlah penghuni Lapas dan Rutan saat ini tidak bisa menjadi jalan yang melegalkan budaya koruptif.

"Karena banyaknya dan berdesakan, maka itu tidak boleh menjadi alasan pembenaran untuk kemudian kita melalukan kolusi, melakukan tindakan-tindakan pungli, dan mengurangi integritas petugas," tegasnya.

Maka harapannya petugas Lapas pun akan memperbaiki diri. Tentu dalam konteks ini menjadi SDM yang professional, yang lebih berintegritas.

Sejalan dengan amanat Menkumham, Mantan Anggota DPR Periode 2009-2013 ini juga berpesan agar aparatur yang ada di lapas lebih mendedikasikan diri kepada masyarakat.

Terakhir, Ganjar berharap Remisi yang diberikan dapat menjadi pemicu dan pemacu warga binaan menjadi lebih baik.

"Mudah-mudahan remisi ini menjadi penghibur, menjadi semangat, menjadi spirit untuk kita menjadi lebih baik," pungkasnya.

Usai memberikan sambutan, Pria kelahiran Karanganyar mendapatkan dari Lapas Semarang berupa Kain Batik Tulis dengan gambar dirinya sendiri sebagai motif. Batik ini merupakan karya asli warga binaan Lapas Semarang.

Penampilan warga binaan yang menyajikan beragam kesenian menjadi pelengkap acara. Seremoni ditutup dengan peninjauan Gubernur Jawa Tengah bersama tamu undangan lainnya yang melihat pameran karya-karya WBP Lapas Semarang.

Kegiatan juga dihadiri oleh Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Pangdam IV Diponegoro, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya.(*)

Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com