Selamat Datang!

AHSP jadi Acuan Dasar Penghitungan Biaya Konstruksi

Pemkab Tegal gelar acara pembinaan teknis Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) di Grand Dian Hotel Slawi, Senin (5/8/2019)/foto: istimewa
SLAWI- Bupati Tegal, Umi Azizah berikan arahan dalam acara Pembinaan Teknis AHSP atau Analisa Harga Satuan Pekerjaan, di Hotel Grand Dian Slawi, Senin (5/ 8) pagi.

Bupati menyampaikan, AHSP menjadi acuan dasar penghitungan biaya konstruksi infrastruktur dengan menetapkan perhitungan.

"Yakni perhitungan harga dasar upah, alat dan bahan yang selanjutnya menghasilkan Harga Satuan Pekerjaan (HSP)," jelas Bupati.

Dikemukakan, bahwa disusunnya AHSP juga dapat mempermudah penghitungan konstruksi infrastruktur. Untuk itu, penyusunan AHSP harus dapat diselesaikan secara cepat dan tidak lambat.

"Karena AHSP menjadi alat untuk menilai kewajaran penawaran dalam dokumen kontrak harga satuan, sehingga jika terlambat akan berpengaruh pada proses lelang," lanjutnya.

Akuntabilitas dan transparansi pembangunan infrastruktur di bidang pekerjaan umum salah satunya juga dipengaruhi oleh AHSP.

"Karena AHSP juga bisa menjadi dasar hukum dalam menganalisis dan menjustifikasi harga penawaran," katanya.

Ditambahkan, pembangunan infrastruktur bagi pemerintah merupakan wajah, karena menjadi cerminan atau citra pemerintahan. Sehingga dalam pelaksanaannya, pembangunan infrastruktur harus dilakukan secara terstruktur, sistematis dan terencana.

"Diperkuat dengan pengawasan dan pengendalian yang memadai, termasuk dalam penentuan AHSP sebagai salah satu instrumen pokok yang akan berpengaruh pada nilai efisiensi dan efektifitas pekerjaan," pungkasnya. (*)



Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com