Selamat Datang!

Mantapkan Profesional Babinsa, Kodim Brebes Gelar Peningkatan Kemampuan Apkowil

Kodim 0713 Brebes gelar kegiatan pelatihan pembekalan peningkatan aparat komando kewilayah tersebar/foto: ustm
BREBES- Komandan Kodim 0713/Brebes Letkol Inf Faisal Amri, SE membuka kegiatan Pelatihan Pembekalan Peningkatan Kemampuan Aparat Komando Kewilayah Tersebar tahun 2019, di wilayah Kodim 0713/Brebes, di Aula Jenderal Soedirman, Senin (19/8/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari, Senin-Selasa (19-20/8/2019) dan diikuti 77 orang Babinsa, mengambil tema “Melalui Kegiatan Kemampuan Apkowil Tersebar Kita Tingkatkan Profesionalisme Apkowil Dalam Mengimplementasikan Kegiatan Pembinaan Teritorial Guna Mendukung Tugas TNI AD”

Dandim 0713/Brebes dalam arahannya, menyampaikan tentang pentingnya sosialisasi kepada setiap prajurit Komando Kewilayahan (Kowil) agar kedepan bisa lebih memahami tugas dan fungsinya masing-masing. Hal ini dilakukan untuk dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas di lapangan, sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikannya di wilayah.

“Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial, agar memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam melaksanakan tugas,” ungkap Dandim.

Dandim juga memberikan penekanan tentang materi Lima Kemampuan Teritorial kepada seluruh anggota, bahwa 5 kemampuan teritorial tersebut harus betul-betul dipahami dan dimengerti oleh seluruh anggota.

Diantaranya adalah kemampuan temu cepat atau lapor cepat, kemampuan manajemen teritorial, kemampuan penguasaan wilayah, kemampuan pembinaan perlawanan rakyat dan kemampuan komunikasi sosial.

Dandim menambahkan, bahwa Babinsa saat ini adalah merupakan kekuatan garda terdepan dalam tugas kewilayahan bagi TNI-AD, untuk itu Babinsa wajib meningkatkan kesiapan Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial. Selain itu juga diperlukan kemampuan dan ilmu teritorial dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan situasi dan kondisi yang berkembang pada saat ini.

Adapun materi yang diberikan seperti sikap teritorial, lima kemampuan teritorial, Pembinaan Teritorial Bumdes (Badan Usaha Milik Desa), sikap teritorial, Proxy War, medsos dan hoax, serta yang lainnya. (utsm)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com