Selamat Datang!

Di Kabupaten Pekalongan, Tahun 2020 Akan Dibangun Laboratorium LH

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi didampingi Kepala Bappeda dan Litbang Bambang Irianto, dan Kepala Perkim LH meninjau IPLT (Instalasi Pengolahan Limbah Tinja) di Kelurahan Bener Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan/foto: diskominfo.kab.pekalongan
KAJEN- Usai melakukan peninjauan IPAL Simbang Kulon Kecamatan Buaran, Bupati Pekalongan KH Asip Kholbihi SH MSi didampingi Kepala Bappeda dan Litbang Ir Bambang Irianto MSi dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Ir Trinanto Agus Maryono MSi beserta jajaran meninjau IPLT (Instalasi Pengolahan Limbah Tinja) Kabupaten Pekalongan yang terletak di Kelurahan Bener Kecamatan Wiradesa.

“Nanti pada tahun 2020, disini akan dibangun Laboratorium Lingkungan Hidup guna melayani seluruh Jawa Tengah antara lain untuk uji mutu baku air. Kemudian di depan IPLT ini akan kita rancang juga BUMD yang bergerak di bidang pengelolaan limbah, mulai hulu hingga hilirisasi limbah akan kita olah disini. Hilirnya bisa berbentuk pavling block dan produk-produk lain,” ungkap Bupati saat melakukan peninjauan IPLT Kabupaten Pekalongan di Kelurahan Bener Kecamatan Wiradesa, Senin (23/9/2019) sore.

Dijelaskan Bupati, kawasan ini merupakan kawasan yang terintegrasi untuk mengatasi hilir dari semua jenis limbah, baik limbah rumah tangga maupun limbah pabrik akan dikelola disini.

“Inilah wujud dari kepeduliaan Pemerintah membangun Kabupaten Pekalongan yang lebih bermartabat. Karena pemenuhan sarana-sarana publiknya bisa dipertanggungjawabkan. Dan limbah yang menjadi persoalan utama, pelan-pelan sudah bisa kita urai persoalannya dan jalan keluarnya segera kita pikirkan,” imbuh Bupati.

Untuk diketahui, berdirinya IPLT merupakan wujud komitmen yang kuat dari Bupati Pekalongan KH Asip Kholbihi SH MSi untuk menyelesaikan masalah pemukiman kumuh menjadi kawasan sehat dan manusiawi, dimana penataan limbah tinja sebagai salah satu unsurnya.

Komitmen tersebut dibuktikan dengan penandatanganan kerjasama antara Bupati Pekalongan dengan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) terkait dengan bantuan IPLT (Instalasi Pengolahan Limbah Tinja), di Kota Padang Sumatra Barat, Rabu (14/2/2018) silam. Bantuan IPLT untuk Kabupaten Pekalongan ini senilai Rp 6 miliar. (didik/*).
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com