Selamat Datang!

Gabungan TNI-Polri Amankan Pesta Sedekah Laut

Anggota TNI-Polri amankan giat sedekah laut KUD Mino Misoyo Sari Ulujami Pemalang/foto: istimewa
PEMALANG- Sebanyak 36 anggota gabungan dari TNI-Polri diterjunkan untuk melakukan pengamanan pesta Sedekah Laut KUD Mino Misoyo Sari Desa Ketapang Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang, Rabu (18/9/2019).

Hadir dalam giat itu, antara lain Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang yang diwakili Haryoto, Ketua KUD Mino Misoyo Sari Desa Ketapang Rusdi beserta pengurus, Plt Kades Ketapang Rudi Hartono, Kapolsek Ulujami AKP Harsono SH, Kasat Pol Air Polres Pemalang AKP Sunardi SH, Anggota Pos AL Pemalang Serda Ahmad Kamil, Babinsa Desa Ketapang Serda Ahmad Chozim, tokoh agama, tokoh masyarakat dan nelayan.

Kapolsek Ulujami, AKP Harsono SH saat memimpin langsung giat pengamanan Sedekah Laut mengatakan, anggota gabungan TNI-Polri itu hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat, khususnya para nelayan pada giat larung sesaji.

Kapolsek Ulujami berpesan, bahwa kegiatan sedekah laut yang setiap tahun dilaksanakan oleh para nelayan bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar nelayan dalam mencari ikan dilaut selalu diberikan kesehatan dan perlindungan serta keselamatan.

"Sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas nikmat, yang telah memberikan keselamatan serta rejeki atas tangkapan ikan. Melestarikan budaya dan adat istiadat yang telah dilaksanakan berpuluh tahun lamanya dengan cara turun temurun," ungkap Kapolsek.

Disamping itu, Kapolsek juga menghimbau kepada semua untuk menjaga keselamatan dalam giat larung sesaji, yang menempuh jarak sekira 6 Km dengan ketentuan satu perahu dimuati 10 orang penumpang.

Kasat Pol Air Polres Pemalang AKP Sunardi SH menambahkan, kegiatan larung sesaji ketengah diikuti 30 perahu hias dengan mengangkut barang-barang yang akan dijadikan sebagai larung sesaji.

"Para nelayan serta warga masyarakat yang menyaksikan jalannya proses larung sesaji dikawal oleh personel Pol Air dan personel Pos AL," imbuh Kasat Pol Air. (*)






Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com