Selamat Datang!

Pemdes Pekiringan Rampungkan Jambanisasi dan Program Inovasi Desa

Pj Kades Pekiringan, M Aksan/foto: istimewa
SLAWI- Perilaku hidup sehat dari masyarakat terhadap lingkungan terus diwujudkan. Bukan hanya melalui program jambanisasi, namun juga masalah limbah industri tahu yang mendapatkan perhatian serius.

Hal itu disampaikan Pj Kades Pekiringan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, M Aksan kepada ranahpesisir.com disela acara pertemuan rutin Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal, di balaidesa setempat, Senin (16/9/2019) sore kemarin.

Terkait dengan ODF, dikemukakan Aksan, Pemerintah Desa Pekiringan telah melaksanakan program jambanisasi yang bersumber dari Dana Desa (DD) 161 unit. Untuk Tahap I sebanyak 61 jamban, dan DD Tahap II 100 jamban.

"Tinggal sisa 25 jamban yang sedang dilaksanakan," ujarnya.

Untuk itu Pemdes Pekiringan melalui RKPDes 2020 melaksanakan program penataan drainase saluran rumah tangga, dan pemilihan limbah industri tahu dengan pembuatan spektank Ipal Comunal.

"Pemilahan limbah industri tahu dilakukan, agar Sungai Kaligung tetap terjaga kebersihannya," jelasnya.

Disamping itu, pihaknya juga mewujudkan Program Inovasi Desa Pekiringan tahun 2020. Diantaranya, pemanfaatan lahan daerah aliran sungai (DAS) untuk pertanian melati dan pengelolaan sampah.

"Program tersebut sangat membantu masyarakat dalam perubahan perilaku serta meningkatkan potensi lokal, dan taraf hidup sebagai keunggulan komparatif di Kabupaten Tegal," pungkasnya. (dik)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com