Selamat Datang!

Laksanakan 10 Program, Pengurus PKK Akan Menjadi Gender and Development

Camat Talang Moch Dhomiri (kiri) didampingi Pj Kades Pekiringan Moch Aksan bersama pengurus TP PKK Kabupaten Tegal usai pertemuan rutin di Balaidesa Pekiringan Talang/foto: istimewa
SLAWI- Pemberayaan Keluarga Sejahtera (PKK) Desa Pekiringan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal menggelar pertemuan rutin dan kegiatan Desa Binaan, Senin (16/9/2019) di Balaidesa setempat.

Selain Camat Talang, Drs Mochammad Dhomiri dan Pj Kades Pekiringan Moch Aksan, hadir dalam kegiatan itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal, Sisca Zulistia Sabilillah Ardie yang didampingi Iin Indriati Dhomiri beserta pengurus PKK tingkat kecamatan dan desa.

Camat Talang Drs Mochammad Dhomiri dalam sambutannya menyampaikan, baik pembinaan oleh TP PKK Kabupaten Tegal maupun Kecamatan Talang sangat membantu pemberdayaan di desa binaan, khususnya para pengurus dan kader TP PKK desa.

Camat Talang Drs Mochammad Dhomiri berikan sambutan dihadapan pengurus TP PKK/foto: istimewa
Selain itu, masih kata Dhomiri, program-program dari pemerintah daerah dan pusat yang bersumber, baik dari DD maupun ADD dapat di aplikasikan ditingkat desa secara berkesinambungan dengan pemanfaatan potensi lokal dan kearifan lokal, agar tercipta sinergitas dalam regulasi demi kesejahteraan masyarakat.

Sementara Pj Kades Pekiringan, Moch Aksan menyampaikan terima kasih kepada Nur Azizah selaku Ketua TP PKK dari Kades (lama) Suherdi yang sampai dengan sekarang Pj Kades masih menjadi Ketua TP PKK Desa Pekiringan.

"Terima kasih kepada Ibu Nur Azizah yang saya anggap profesional. Karena makna profesional, karena tidak perlu persiapan saja tetap siap," ungkap Aksan.

Pengurus PKK Kabupaten Tegal/foto: istimewa
10 Program PKK manakala dilaksanakan semua, lanjut Aksan, maka pengurus PKK akan menjadi GAD (Gender and Development) bukan WID (Women in Development). Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada TP PKK, baik kecamatan maupun kabupaten yang selalu membina TP PKK desa demi terlaksananya program yang berkelanjutan.

Laksanakan program desa
Sementara terkait dengan ODF, disampaikan Aksan bahwa Desa Pekiringan telah melaksanakan Program Jambanisasi yang bersumber dari DD 161 Unit. Untuk Tahap I sebanyak 61 jamban, sedangkan DD Tahap II 100 jamban, dan tinggal sisa 25 jamban yang sedang dilaksanakan.

"Bukan hanya jambanisasi sebagai perilaku masyarakat terhadap lingkungan, akan tetapi yang lebih parah lagi adalah limbah industri tahu," tegas Aksan.

Untuk itu Pemdes Pekiringan melalui RKPDes 2020 melaksanakan program penataan drainase saluran rumah tangga dan pemilihan limbah industri tahu dengan pembuatan spektank Ipal Comunal. Hal itu agar Sungai Kaligung tetap terjaga kebersihannya. Disamping itu, Program Inovasi Desa Pekiringan tahun 2020 diantaranya pemanfaatan lahan DAS untuk pertanian melati dan pengelolaan sampah.

"Program tersebut sangat membantu masyarakat dalam perubahan perilaku serta meningkatkan potensi lokal dan taraf hidup sebagai keunggulan komparatif di Kabupaten Tegal," pungkas Aksan. (dik)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com