Selamat Datang!

Lanal Tegal Bersama Masyarakat Sukseskan Penanaman 300.074 Mangrove

Penanaman pohon mangrove di Desa Tratebang Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan dilaksanakan dalam rangka HUT ke-74 TNI/foto: istimewa
KAJEN- Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal bersama masyarakat pesisir Desa Tratebang Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan serta unsur pemerintahan dan instansi TNI-Polri turut mensukseskan pemecahan rekor MURI penanaman pohon mangrove 300.074 serentak seluruh Indonesia, Senin (7/10).

Giat positif ini dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 tahun 2019. Penanaman mangrove sebanyak 2.000 batang di wilayah kerja Pos Angkatan Laut (Posal) Wonokerto diselenggarakan oleh Staf Potensi Maritim (Spotmar) Lanal Tegal.

Penanaman mangrove melibatkan 500 orang peserta yang diawali dengan apel kelengkapan bersama terdiri dari Lanal Tegal dan Posal Wonokerto, TNI Polri, Muspika, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas PPP, Dinas Kelautan dan Perikanan, kelompok penggiat lingkungan hidup, kelompok sadar wisata (Pokdarwis), pelajar serta masyarakat pesisir Desa Tratebang.

Penanaman pohon mangrove dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Tegal Letkol Laut (P) Agus Haryanto SE MTr Hanla MM beserta Palaksa Perwira dan pejabat pemerintah serta satuan TNI Polri.

Penanaman pohon mangrove secara serentak mengambil tema "Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita" Komandan Lanal Tegal saat membacakan Amanat Panglima TNI mengatakan, pihaknya melaksanakan penanaman mangrove secara serentak di 74 satuan TNI AL yang dipusatkan di Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara.

Kegiatan ini turut mendukung program pemerintah dalam pelestarian dan peremajaan kembali hutan mangrove di wilayah pesisir dan pulau-pulau.

"Saya yakin banyak diantara masyarakat yang sudah tergerak untuk menyelamatkan ekosistem mangrove indonesia. Memang apa yang sudah kita tanam memerlukan waktu untuk dapat dirasakan manfaatnya," terangnya.

Ditambahkan, para nelayan dan penduduk pesisir pantailah yang mengetahui perbedaan ada dan tidaknya hutan mangrove.

"Semoga langkah kita hari ini turut membangun hutan mangrove yang sehat dan kuat untuk kesejahteraan anak cucu kita dikemudian hari," pungkasnya. (*)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com