Selamat Datang!

Mudahkan Pembinaan, Pemkab Pekalongan Akan Klasterisasi UMKM

Pengurus harian ICSB Kordinator Daerah Kabupaten Pekalongan masa bakti 2019-2021/foto: istimewa
KAJEN- Guna memudahkan pembinaan terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM), Pemerintah Kabupaten Pekalongan akan melakukan verifikasi, klasifikasi, dan klasterisasi dari berbagai jenis UKM yang ada.

Hal itu disampaikan Bupati Pekalongan KH Asip Kholbihi SE MSi usai memberikan sambutan pada acara peresmian International Council for Small Busines (ICSB) Indonesia Kordinator Kabupaten Pekalongan, di Aula lantai 1 Setda Kabupaten Pekalongan, Kamis (10/10)

Bupati menyebutkan, di Kabupaten Pekalongan terdapat puluhan ribu usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan berbagai jenis usaha, yang nantinya akan diklasifikasikan UMKM yang makanan dan fashion.

"Sehingga itu bisa memudahkan dalam melakukan pembinaan," kata Bupati


Bupati mengungkapkan, di Kabupaten Pekalongan sendiri, pertumbuhan ekonomi saat ini berada diangka 5,76 berada diatas angka pertumbuhan ekonomi pusat dan Provinsi.

"Sektor UMKM menyumbang besar terhadap pertumbuhan ekonomi, sehingga akan terus kita berdayakan," ungkapnya.

Dijelaskan, Pemkab Pekalongan mempunyai kepedulian besar terhadap keberadaan UMKM, sehingga beberapa waktu yang lalu mendapat penghargaan Natamukti di Bogor.

"Pembentukan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Korda Kabupaten Pekalongan salah satu tujuannya adalah untuk memberdayakan UMKM kita," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinperindagkop dan UKM Kabupaten Pekalongan Ir Hurip Budi Riyantini menuturkan, Galang UKM Indonesia 2019 terdiri dari berbagi kegiatan diantaranya, pengukuhan pengurus, seminar UMKM Brilian, dan bazar oleh UMKM yang sudah terkurasi.

"Diharapkan, UMKM di Kabupaten Pekalongan dapat naik kelas. Untuk menggerakkan sektor UMKM Pemkab akan kesulitan kalo sendiri, butuh menggandeng empat pilar yakni pengambil kebijakan, pelaku usaha, akademisi, dan juga peneliti," terangnya.

Adapun susunan pengurus harian ICSB Kabupaten Pekalongan masa bakti 2019-2021 adalah Rossi Ardiyanti SKM MKes (Ketua HIPMI dan Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan) sebagai Koordinator Daerah/Ketua, Ir Rusdiono (Wakil Korda/Wakil Ketua I), Wahida Yurasef ST (Wakil Korda/Wakil Ketua II), Eli Kartika SE (Sekretaris I), Waryonani SH (Sekretaris II), Uzlifatul Jannah SPdi (Bendahara I), Isnaeni SE (Bendahara II).

Selanjutnya, Wakil Ketua Bidang Akademis dan Riset Dr Mahirun SE MSi (Ketua LPPM Universitas Pekalongan), Wakil Ketua Bidang Hubungan Pemerintahan Drs Ali Riza MSi (Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Pekalongan), Wakil Ketua Bidang Korporasi Herdinanto SE (Kepala Bank Jateng Cabang Kajen), dan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Komunitas H Faelasuf SE (Ketua KADIN Kabupaten Pekalongan). (*)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com