Selamat Datang!

Penelitian Dosen Diharapkan Bermanfaat Bagi Maayarakat Luas

Bupati Tegal Umi Azizah saat menyampaikan sambutan dalam seminar nasional dan seminar hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal, Kamis (17/10)/foto: istimewa
SLAWI- Seminar Nasional dan Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat digelar, di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal, Kamis (17/10).

Bupati Tegal Umi Azizah yang berkesempatan membuka acara menyampaikan, dipundak para penerima dana hibah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ristekdikti), hasil penelitian atau riset dari dosen maupun peneliti dapat dimanfaatkan dan digunakan masyarakat luas.

"Termasuk kalangan industri dan kewirausahaan," ujarnya.

Bupati berharap, seminar ini dapat mendorong hasil riset perguruan tinggi serta lembaga penelitian tidak berhenti hanya sampai pada tahap pengembangan purwarupa.

"Harus berkelanjutan, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," jelasnya.

Bupati memandang, perguruan tinggi memiliki kesempatan besar untuk melakukan inovasi. Namun, tujuan akhir dari inovasi adalah produk-produk atau layanan yang dapat dikomersialisasikan.

"Bukan sekedar berakhir dalam publikasi di jurnal ilmiah semata. Pun demikian halnya dengan budaya ilmiah yang juga perlu ditumbuhkan di masyarakat, mulai dari budaya membaca hingga melakukan riset," terangnya.

Berbicara inovasi, ditambahkan Bupati, mentalitas inovasi dan technopreneur juga penting ditumbuhkan di kalangan generasi muda. Karena kemajuan sebuah bangsa juga ditentukan oleh jumlah entrepreneur dan wirausahawannya.

"Sehingga upaya mencetak intelektualitas muda yang memiliki jiwa technopreneur menjadi tantangan bersama untuk terus berbenah, beradaptasi di era Internet of Things (IoT) ini," imbuhnya.

Diakhir sambutannya, Bupati mengingatkan, untuk memenangkan persaingan global ini kuncinya hanya satu. Harus inovatif, dan hanya bisa dicapai dengan sumber daya manusia yang unggul dan etos kerja yang tinggi.

Sementara itu dalam laporannya, Ketua Panitia Gilang Rusadi Akhmad menyampaikan, selain seminar nasional pada acara ini juga disampaikan paparan dari masing-masing penerima dana hibah yang terdapat di beberapa Perguruan Tinggi sekitar.

"Jadi sejauh mana para penerima hibah dalam artian dosen dan peneliti sudah melakukan risetnya. Ini adalah upaya monitoring kami," paparnya.

Ia menambahkan, penerima dana hibah menurut Gilang terbagi menjadi dua, perorangan dan joint riset antar perguruan tinggi yang bergandengan.(*)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com