Selamat Datang!

Penyerahan Sertifikat ISO 9001:2015, MUI DKI Jakarta Menuju Organisasi Islam Modern

Penyerahan Sertifikat ISO diserahkan langsung oleh Presdir Lembaga Sertifikasi Mutu Indonesia kepada MUI DKI Jakarta di Ruang Audiovisual 1 Jakarta Islamic Centre/foto: istimewa
JAKARTA- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan acara penyerahan Sertifikat ISO 9001;2015, di Ruang Audiovisual 1 Jakarta Islamic Centre (JIC), Selasa (8/10/2019).

Acara dihadiri Ketua Umum MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar HS beserta seluruh jajarannya, pimpinan MUI Kota se DKI Jakarta, dan tim konsultan ISO 9001;2015.

Sertifikat ISO 9001:2015 merupakan standar Internasional dibidang system manajemen mutu. Upaya sertifikasi ini dilakukan sebagai usaha MUI dalam meningkatan pelayanan kepada umat, sehingga aktifitas yang dilaksanakan ini terukur dan dapat memenuhi standar pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat.

Sertifikat diserahkan langsung oleh Presdir Lembaga Sertifikasi Mutu Indonesia Zakaria Simbolon SE kepada Ketua MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar, yang menandakan bahwa MUI DKI sejak saat ini akan memberlakukan managemen mutu sesuai dengan ISO 9001 versi 2015.

“Kami para ulama yang tergabung di dalam MUI DKI Jakarta, ingin memberikan pelayanan secara maksimal kepada umat dengan standar tertinggi, untuk itu MUI DKI Jakarta melakukan sertifikasi ISO versi 2015," kata KH Munahar, dalam sambutannya.

Dalam perjalanannya MUI DKI Jakarta telah membuat capaian yang tinggi mengenai proses terbitnya Sertifikat ISO di Jakarta, terbukti MUI Provinsi DKI Jakarta adalah satu satunya daerah yang sudah mendapatkan Sertfikat ISO 9001:2015.

“MUI DKI Jakarta berkomitmen penuh dalam pelaksanaan pelayanan ini, karena tanggung jawab kami bukan hanya kepada masyarakat saja, tetapi juga tanggung jawab langsung kepada Allah SWT," jelas KH Munahar.

MUI DKI Jakarta merupakan satu satunya MUI daerah yang mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015/foto: istimewa
Dan memperbaiki managemen pelayanan ini, lanjutnya, merupakan bagian dari ibadah kepada Allah dan dakwah MUI DKI Jakarta.

"Perlu kami sampaikan, bahwa organisasi MUI Provinsi DKI Jakarta adalah satu-satunya MUI daerah yang sudah mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015, dan hal ini diharapkan bisa menjadi pionir untuk MUI-MUI didaerah lain di Indonesia," harap KH Munahar.

Kegiatan sertifikasi ini diprakarsai oleh Bidang Pengkajian dan Penelitian (Kajiliti) MUI DKI, yang diketuai oleh Ir H Andi Harmaini MM. Bidang ini mengupayakan bahwa system ini akan terus dilaksanakan oleh seluruh stake holder MUI DKI, dan dengan demikian ukuran-ukuran keberhasilan dalan pelayanan kepada umat ini akan terukur dengan baik.

Sementara, Dr H Rubadi MPd yang merupakan Sekertaris dari pelaksanan ISO 9001:2015 MUI DKI Jakarta mengatakan, awalnya pihaknya tidak yakin ada ormas yang bisa mendapatkan Sertifikat ISO yang sudah berstandar internasional.

"Namun berkat kerjasama tim, Alhamdullilah MUI bisa," ujar H Rubaidi.

Berbagai tahapan disampaikan H Rubaidi. Menurutnya, tahapan MUI untuk bisa menerima Sertifikat IWO yakni mulai dari pelatihan audit internal sampai akhirnya pelaksanaan audit eksternal.

"Hal ini yang menentukkan MUI berhak mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015 atau tidak," tegas H Rubaidi.

Agenda ini kemudian ditutup doa bersama, dengan harapan setelah mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015 MUI DKI Jakarta lebih semangat dan lebih prima dalam melaksanalan tugas pelayanan umat.(*)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com