Selamat Datang!

Tak Terawat, Tugu Penghargaan ini Seakan Terlupakan

Tugu Penghargaan yang berada di halaman Gedung Serbaguna Pemalang dulu sempat dibanggakan, namun kini kondisinya sangat memperihatinkan dan terkesan dilupakan/foto: uripto gd
PEMALANG- Pada jaman Orde Baru (Orba) dahulu daerah-daerah, baik tingkat Kabupaten/Kota maupun Propinsi berlomba lomba untuk mempercantik, mempermegah dan memperindah daerahnya guna mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat.

Pemerintah pusat hingga daerah bersama jajaran menggerakkan staf pegawai sampai di tingkat pemerintah desa/kelurahan, bahkan masyarakat untuk mewujudkan upaya itu.

Namun sekarang ini bila melihat Tugu Penghargaan membanggakan yang dahulu di arak keliling Kota Pemalang, kini keberadaanya sangat memperihatinkan. Selain tidak terawat, keberadaan tugu itu seakan terlupakan.

Tugu Penghargaan yang berada di halaman Gedung Serbaguna dekat Polres Pemalang, tepatnya di halaman depan sebelah barat, bila dipandang dari jalan raya hampir tidak terlihat, karena tertutup oleh rerimbunan pohon Akasia pinggir jalan.

Dari pantauan ranahpesisir.com dilokasi, memang benar kondisi Tugu Penghargaan itu tidak terawat fisiknya, warna emas pada bulatan bulatan cembung kini sudah jadi hitam semua, bangunan dasar yang melingkar juga sudah rusak, rantai besi dan pipa-pipa besi juga sudah pada ambruk dan rantainya tinggal beberapa saja. Kondisi itu diperparah dengan rumput liar yang juga memperburuk fisik bangunan yang dulu dibanggakan.

Badar, warga Jalan Kolonel Sugiyono Beji Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang mengaku sangat menyayangkan kondisi fisik dari Tugu Penghargaan yang tidak terawat.

"Iya itu sangat di sayangkan, kalau Tugu Penghargaan yang kita banggakan itu kini keberadaan kurang terawat," katanya.

Hal senada disampaikan, Sitol warga Kabunan, pencari barang bekas yang sering cari rongsok di sekitar lokasi. Dia juga menyayangkan kondisi Tugu Penghargaan yang rusak.

"Sangat disayangkan, patung penghargaan itu sudah rusak dan sama sekali tidak terawat. Apalagi sekarang kumuh serta kotor," ungkapnya.

Sementara terkait diatas, Baskoro Adhi P, Kasie Peningkatan Kualitas dan Mutu Dinas Perkim Kabupaten Pemalang menyampaikan terima kasih atas informasi tersebut. Pihaknya bahkan mengaku kaget setelah melihat foto tugu itu.

"Kami dari Perkim sangat terimakasih dan agak kaget setelah lihat photo tugu itu, hal ini merupakan masukan yang baik buat kami, walaupun bukan leading sektor kami, tapi hal ini akan kami koordinasikan dengan pihak yang membidanginya," terangnya. (uripto)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com