Selamat Datang!

UKS Penting Karena Didasarkan Peraturan Bersama Empat Kementerian

Rakor tim pembina usaha kesehatan sekolah digelar OR Setda Kabupaten Brebes/foto: istimewa
BREBES- Rapat Koordinasi (Rakor) bagi para tim pembina usaha kesehatan sekolah/madrasah (TP UKS) yang diikuti 100 peserta digelar di Operation Room Setda Kabupaten Brebes, Selasa (14/10).

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setda Brebes, Drs H Akhmad Ma’mun menjelaskan, Rakor TP UKS/M diadakan sebagai upaya peningkatan terwujudnya peran pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah dari semua tingkatan.

“Peserta yang ikut rakor ini meliputi unsur Pendidikan Kecamatan, Puskesmas Kecamatan dan Kessos Kecamatan, pengurus tim pelaksana serta Ketua PMR SMP dan SMA sederajat.

Ma’mun menuturkan, UKS dikatakan sangat penting karena didasarkan oleh Peraturan Bersama empat Kementerian. Yakni, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pendidikan.

“UKS dikatakan penting karena yang namanya kesehatan memiliki arti atau makna yang sangat luas. Jadi tidak hanya berkaitan dengan kesehatan fisik atau jasmani maupun rohani saja. Tapi, termasuk pula yang bekaitan dengan kesehatan lingkungan serta kebersihan dan sebagainya,” lanjutnya.

Menurutnya, dalam kegiatan UKS ini ada tiga program pokok yang didorong oleh Pemkab Brebes melalui Bagian Kesra. Ketiga program tersebut, masing-masing pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.

“Atas dasar itulah, Pemkab Brebes melalui Bagian Kesra berupaya semaksimal mungkin untuk mendorong agar UKS bisa berdiri di setiap sekolah atau madrasah di seluruh Kabupaten Brebes. Sehingga, pembangunan bidang kesehatan di sekolah dapat berjalan dengan baik,” pungkas Ma’mun.

Bupati Brebes yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kesra Drs H Masfuri MM dalam sambutannya mengatakan, UKS menjadi salah satu sarana meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui akses layanan pendidikan dan kesehatan yang murah dan berkualitas. Sehingga salah satu upaya yang strategis untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia adalah upaya pendidikan dan kesehatan.

“Melalui kegiatan UKS yang sinergis dan proporsional diharapkan berbagai masalah kesehatan yang sering melanda anak sekolah tidak lagi terjadi," katanya. (*)


Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com