Selamat Datang!

Bupati Banyumas Ajak ASN Hayati Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein saat membuka lomba paduan suara mengajak ASN hayati lagu Indonesia Raya 3 Stanza/foto: parsito
PURWOKERTO- Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jajaran Pemkab Banyumas menghayati betul lirik yang ada pada Lagu Indonesia Raya 3 Stanza. Hal tersebut disampaikan saat Bupati membuka lomba paduan suara Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Senin (4/11/2019) di Pendopo Sipanji.

Menurut Bupati lirik yang ada pada lagu tersebut mengandung doa, spirit dan secara otomatis memupuk rasa nasionalisme.

“Apabila kita mencermati dengan sungguh-sungguh setiap kata dalam lagu tersebut, disana ada doa, menjadi penambah semangat dan juga akan menjiwai cinta terhadap negara kita Indonesia. Maka lomba ini bukan sekedar menghapal yang lebih penting adalah menghayati dan mengaplikasikan dalam kehidupan,” katanya

Cara menghayati menurut Bupati dapat dilakukan dengan membayangkan betapa Indonesia ini begitu besar, sebagai tumpah darah harus selalu dibela dan bersatu dengan warga yang lain. Bupati mengajak semua ASN di Banyumas harus hapal, tidak hanya pesertanya saja yang hapal.

Sementara itu, Ketua Panitia Srie Yono SH MSi mengatakan lomba diikuti sebanyak 55 SKPD yang terdiri dari 26 OPD, 27 Kecamatan dan 2 BUMD. Mereka akan berlomba selama dua hari hingga Selasa (5/11/2019). Semua peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza.

"Biasanya hanya 1 stanza, dan yang 3 stanza diabaikan begitu saja, padahal yang menciptakan sendiri WR Soepratman itu menciptakan 3 stanza yang kandungan maknanya luar biasa," ungkapnya.

Pihaknya dalam hal ini mendapat intruksi dari Bupati Banyumas agar lembaga dan instansi mengenalkan lagi lagu Indonesia 3 stanza ini, dan meminta ASN untuk menghapalnya.

"Melalui lomba ini, diharapkan ASN dapat menghapal lagu Indonesia Raya 3 Stanza yang waktunya sekitar 4 menit 46 detik," jelasnya.

Srie Yono menambahkan, setelah ASN hafal maka dia akan memasyarakatkan kepada tetangga dan masyarakat agar mereka juga tahu bahwa lagu Indonesia Raya itu ada 3 stanza.

Pada lomba ini para peserta terlihat kreatif dengan mengenakan seragam batik identitas masing-masing. Selain itu, ada pula grup yang mengenakan baju adat daerah nusantara.

Harapannya dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza akan memupuk rasa nasionalisme dan pendidikan karakter kedalam masyarakat.

Srie Yono mengaku sebenarnya Instansi vertikal juga mengikuti lomba ini, namun dirinya saat ini menfokuskan pada dinas di jajaran Pemkab, dan lomba tidak menggunakan anggaran pemerintah, tetapi setiap peserta iuran.

“Ini juga sebagai wujud kebersamaan dan cinta terhadap bangsa dan negara Indonesia,” pungkasnya .(parsito)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com