Selamat Datang!

Calon Sekda Kota Tegal Ikuti Uji Kompetensi

Calon Sekda Kota Tegal ikuti Uji Kompetensi Manajerial dan Sosio Kultural/foto: istimewa 
SEMARANG- Setelah lolos seleksi administrasi enam orang peserta seleksi terbuka dan kompetitif Pengisian Jabatan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Tegal mengikuti Uji Kompetensi Manajerial dan Sosio Kultural di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah, Rabu (27/11/2019).

Adapun  keenam peserta yang mengikuti seleksi terbuka dan kompetitif pada tahap penilaian kompetensi yaitu Drs Johardi MM selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Dr Drs Irkar Yuswan Apendi MM selaku Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Tegal, Drs Joko Sukur Baharudin selaku Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tegal, Dra Nurhayati MM.selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal, Bajari SE MSi selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tegal, dan Dra Suspriyanti MM selaku Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal.

Uji Kompetensi Manajerial dan Sosio Kultural ini dibuka oleh Kepala BKD Provinsi Jawa Tengah Drs Wisnu Zaroh MSi dan dihadiri oleh Walikota Tegal H Dedy Yon Supriyono SE MM, Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi ST MM dan Pj Sekda Kota Tegal Drs Imam Badarudin, para Asisten, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal dan Ketua Pansel Drs Achmad Rofa’i, Sekretaris Pansel Dr Yayat Hidayat Amir MPd dan tiga anggota Pansel lainnya yakni Dr Roby Setiadi SKom MM, Dr Burhan Eko Purwato MHum, dan Tuhana SH MSi.

Menurut Walikota, proses seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Sekretaris Daerah Kota Tegal secara terbuka dan kompetitif ini, telah mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Ini akan menjadi tonggak awal bagi kami, Walikota dan Wakil Walikota Tegal untuk melaksanakan amanat reformasi birokrasi dalam melaksanakan pemerintahan yang berdedikasi menuju Kota Tegal yang bersih, demokratis, disiplin dan inovatif sebagai perwujudan tata kelola pemerintah yang baik dan bersih,” ungkap Walikota.

Walikota mengharapkan Tim Pansel bisa memberikan ujian dan dapat menunjukkan calon sekda yang berkualitas dan bukan orang yang memiliki permasalahan hukum.

"Jangan sampai setelah diangkat dipilih nanti orangnya masalah. Jangan sampai nanti salah memilih orang. Oleh karena itu rekam jejak penting, harus steril, harus benar,” ungkap Walikota.

Dengan dipilihnya Sekda definitif hasil seleksi terbuka ini, Walikota juga mengharapkan nanti di tahun depan, sudah tidak ada lagi Plt-Plt.

“Tahun depan sudah 100 persen sampai ke struktural dibawahnya harus lengkap,” ungkap Dedy Yon.

Sementara itu, Kepala BKD Provinsi Jawa Tengah Drs Wisnu Zaroh MSi dalam sambutannya mengatakan sesuai dengan Permen PANRB No. 38 Tahun 2011 tentang Standart Kompetensi ASN ada 9 kompetensi untuk uji kompetensi manajerial dan sosio kultural.

Kesembilan kompetensi itu antara lain kompetensi sosio kultural, kompetensi kerja sama, kompetensi lisan, kompetensi orientasi pada hasil, kompetensi pelayanan publik, pengembangan orang lain, mengelola perubahan, pengambilan keputusan, perekat bangsa.

“Peserta tetap bersemangat untuk mengikuti uji kompetensi sampai esok hari, dengan mencermati dan menyelesaikan materi sebaik-baiknya,” pesan Wisnu.

Uji Kompetensi ini diketuai oleh Tim Uji yaitu Drs Sukardi MSi yang juga Kanit penilaian Kompetensi ASN BKD Provinsi Jawa Tengah dibantu SDM Aparatur sebanyak lima orang assesor dan satu petugas administrasi untuk memandu, mengamati dan mendokumentasikan hasil pengamatan.

Sukardi mengatakan materi yang diujikan antara lain wawancara, in basket atau diskusi, leaderless group discusion, dan proposal writing. Setelah dilaksanakan uji kompetensi, maka hasil uji tersebut harus mengumumkan hasilnya paling lambat tanggal 1 Desember 2019 sesuai dengan jadwal yang telah disusun.

"Kami akan menyusun laporan secara keseluruhan maupun perorangan mengenai profil kompetensi dan narasi singkatnya, serta kesimpulan,” jelas Sukardi. (*)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com