Selamat Datang!

Polres Tegal dan SMKN 1 Bumijawa Gelar Galawi Orienteering Competition

Dalam rangka Hari Pahlawan, Polres Tegal bekerjasama dengan SMKN 1 Bumijawa gelar kegiatan Galawi Orienteering Competition/foto: istimewa
SLAWI- Galawi Orienteering Competition dalam rangka Hari Pahlawan tingkat pelajar yang diinisiasi Polres Tegal bersama SMKN 1 Bumijawa, digelar di SMKN 1 Bumijawa Kabupaten Tegal, Minggu (17/11).

Kegiatan diikuti 65 peserta putra dan putri dari eks Karesidenan Pekalongan dan Semarang.

Kapolres Tegal AKBP Dwi Agus Prianto SIK MK melalui Kapolsek Bumijawa AKP Nawan Agus S, SH saat membuka kegiatan mengatakan orienteering adalah suatu kegiatan di alam bebas yang mengutamakan kekuatan fisik dan ketepatan navigasi, karena mengharuskan peserta selain berlari juga harus melakukan check point pada pos-pos yang telah ditentukan dengan hanya dipandu peta kontur dibawa ketika berlari.

Kegiatan semacam ini sangat bermanfaat karena selain mengasah kemampuan fisik juga otak, adapun tujuan kegiatan kompetisi orienteering yang dikemas dalam Galawi Orienteering Competition ini yaitu
- Menumbuhkan rasa cinta tanah air melalui olahraga kegiatan di alam bebas
- Mengingatkan perjuangan para pahlawan dalam mewujudkan kemerdekaan melalui semangat menyelesaikan lintasan lomba dengan cepat dan tepat
- Mengasah kemampuan fisik dan pikiran pemuda untuk bekal menjadi generasi penerus bangsa
- Media latihan Navigasi Darat bagi Penggiat Alam Bebas

Pada kesempatan lain, Kepala SMKN 1 Bumijawa Anon Priyantoro mengatakan kegiatan Galawi Orienteering Competition yang dilaksanakan ini adalah bentuk penghargaan selaku generasi muda dalam meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan.

"Jika kita ingat perjuangan Jendral Sudirman yang rela berjalan kaki berhari-hari beratus-ratus kilometer hanya untuk memperebutkan kemerdekaan. sehingga perjuangan para pahlawan dapat kita isi dengan kegiatan yang positif dan juga menimbulkan kecintaan kita terhadap tanah air," papar Anon.

Terpisah, Yusni yang merupakan panitia sekaligus pembina Eskul kegiatan pecinta alam SMKN 1 Bumijawa menambahkan, kegiatan kompetisi orienteering sudah biasa dilakukan diluar negeri namun untuk di Indonesia masih terlalu awam, hanya beberapa perguruan tinggi dan akademi baik TNI/Polri yang sudah pernah melaksanakan kegiatan ini.

"Untuk itu melalui kebersamaan ide teman-teman dari Humas Polres Tegal dan Sispala Balarata SMKN 1 Bumijawa kegiatan ini dapat terwujud," ungkapnya.

Galawi Orienteering Competition tahun 2019 memperebutkan satu kelas yaitu middle/menengah yang ditempuh dengan jarak 4-5 km, dengan jalur melewati perbukitan, tanjakan, turunan, perkebunan, melewati perkampungan yang tentunya memicu adrenalin.

Sebagai juara dalam perlombaan yaitu
Putra:
1. M. Purnama - Kendal Orienteering Club
2. Bayu Rizqi - PASSA (SMKN 1 Adiwerna)
3. A. Khanafi Aziz - Balarata (SMKN 1 Bumijawa)

Putri :
1. Umi Nazizah - Balarata (SMKN 1 Bumijawa)
2. Via Indriyani - Balarata (SMKN 1 Bumijawa)
3. Suhartati - Kendal Orienteering Club. (*)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com