Selamat Datang!

Pemkab Banyumas Salurkan Dana Bergulir kepada Pelaku UMK

Pemkab Banyumas salurkan dana bergulir kepada pelaku UKM/foto: istimewa
BANYUMAS- Bupati Banyumas Achmad Husein yang diwakili oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Srie Yono menyerahkan pinjaman bergulir kepada pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) Selasa (12/11/2019) di Graha Satria Purwokerto. Bantuan disampaikan secara simbolik kepada Kelompok Al Iksan Kelurahan Purwokerto Lor Kecamatan Purwokerto Timur sebesar Rp 40 juta, Kelompok Mina Kelurahan Rejasari Purwokerto Barat sebesar 38 juta dan Kelompok Tunas Harapan Usaha Minda Desa Darmakradenan Ajibarang sebesar Rp 62 juta.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Banyumas Suwardi dalam laporanya mengatakan dana pinjaman bergulir tahun 2019 sebesart Rp 1,581 milyar itu disalurkan kepada 43 kelompok UMK yang tersebar di 13 wilayah kecamatan. Dari 43 kelompok UMK penerima bantuan tahun ini, tercatat 666 pelaku usaha yang tergabung.

"Sampai periode Tahun 2019 ini, jumlah keompok penerima dana bergulir sebanyak 540 kelompok dengan jumlah anggota 9.595 orang, dan jumlah dana yang disalurkan sebesar Rp15.169.500.000,-" kata Suwardi

Suwardi menambahkan bahwa penerima bantuan bergulir dilakukan berdasarkan hasil seleksi. Masing-masing kelompok UMK menerima bantuan bervariasi antara Rp 20 hingga Rp 65 juta rupiah, disesuaikan dengan jumlah anggota dan jenis usaha yang digeluti para anggotanya dan penyaluran dana melalui BPR BKK Purwokerto.

"Karena salah satu syarat untuk mendapat bantuan bergulir adalah bankable, atau layak dari sisi perbankan," tambah Suwardi.

Bupati Banyumas Achmad Husein dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Srie Yono berharap dana pinjaman bergulir ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan peruntukannya, sehingga pelaku UMK bisa mengembangkan usaha yang bermuara pada meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan, menciptakan lapangan kerja baru, mengurangi pengangguran dan menekan angka kemiskinan di Kabupaten Banyumas.

Bupati berpesan agar dana pinjaman bergulir ini, benar-benar bermanfaat bagi penerima pada khususnya dan pemerintah daerah serta masyarakat Kabupaten Banyumas pada umumnya

“Saya minta kepada pengurus kelompok usaha mikro dan kecil penerima dana pinjaman bergulir untuk bisa mengelola, memanfaatkan dan memberdayakan dana pinjaman bergulir ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan pertumbuhan usaha kelompoknya, sehingga dana pinjaman bergulir ini bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota kelompok,” pesannya

Menurut bupati sukses dari penyaluran bantuan, dapat dilihat dari dua hal. Pertama, para penerima bantuan lancar dalam membayar angsuran. Kedua, usaha yang digeluti para pelaku UMK mengalami peningkatan.

Ketua Kelompok Pokdakan Barokah Desa Kutasari Kecamatan BaturradenAris Mardiyo mengaku senang kelompoknya termasuk mendapatkan dana bergulir kali ini. Menurutnya dana yang ia terima akan digunakan untuk pengembangan usaha kelompoknya yang beranggotakan 12 orang dalam bidang perikanan.

“Kami bisa menghasilkan dalam kolam ukuran 10 x 24 m, dengan  bibit 100 kg selama 3 sampai 4 bulan menjadi 400 hingga 500 kg,” katanya.

Dia berharap dengan bantuan modal yang diterima akan menaikan produksi ikan bagi kelompoknya. Saat ini kelompoknya berbudidaya ikan air tawar seperti mujair, melem dan bawal.
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com