Selamat Datang!

Perpustakaan UPS Tegal di Akreditasi

Perpustakaan UPS Tegal di akreditasi/foto: istimewa
TEGAL- Perpustakaan UPS Tegal divisitasi oleh asesor akreditasi dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas), Kamis (20/11) kemarin.

Visitasi dilakukan setelah dokumem akreditasi perpustakaan telah diterima oleh Perpusnas, kemudian perpustakaan akan mengirimkan tim untuk mengecek kelengkapan dokumen dalam borang.

Dalam kesempatan tersebut Kepala UPT Perpustakaan UPS Tegal, Neni menyampaikan harapan agar perpus UPS Tegal dapat terakreditasi dengan nilai yang baik.

"Kami tentu mengharapkan nilai terbaik, jika dilihat dari komponen penilaian yang dilakukan, kami berharap bisa mendapatkan nilai maksimal yaitu A," kata Neni.

Nina menjelaskan bahwa dilihat dari komponen penilaian yang meliputi koleksi buku, layanan, sumber daya manusia, dan sarana prasana sangat lengkap, sehingga optimis menghasilkan nilai yang maksimal.

Dalam kesempatan yang sama Dr. Eddy Praptomo SH MH selaku Wakil Ketua YPP Tegal menegaskan dukungan YPP Tegal dalam mengembangkan perpustakaan.

"Perpustakaan merupakan pusat keilmuan dan pengembangan akademik, sehingga yayasan akan konsen dalam pengembangan dan pembanguna sarana dan prasana yang memadai untuk perpustakaan, karena itu juga bagian dari pelayanan kepada mahasiswa," ungkapnya.

Eddy menyampaikan, bahwa pengembangan perpustakaan UPS Tegal telah maju karena memiliki aplikasi perpustakaan yang dapat diakses melalu smartphone dengan aplikasi android.

Selain itu pula di perpustakaan terdapat Pojok Tegalan yang merupakan bentuk penghargaan kepada karya sastrawan Tegal dengan memajang dan mendisplay buku-buku karya sastrawan Tegalan.

Hal inilah yang menjadi optimisme Eddy untuk mendapatkan nilai maksimal yaitu A dalam akreditasi perpus ini.

Sebelumnya Perpustakaan UPS Tegal divisitasi oleh tim akreditasi yang diwakili oleh Jus'aini SPd MHum dan Sugiyanti S Sos. Mereka merupakan tim dari perpustakaan nasional yang bertugas mengecek kelengkapan dokumen akreditasi.

Sugiyanti salah satu asesor akreditasi Perpusnas RI menyampaikan, bahwa akreditasi perpus diperlukan sebagai standar dalam pelayanan yang dilakukan.

"Selama dua hari kami melakukan pengecekan data di lapangan sesuai dengan borang atau tidak," jelas Sugiyanti.

"Di Tegal kami memvisitasi tiga perguruan tinggi, salah satunya UPS Tegal. Kami akan melihat dan mengecek apakah standar pengelolaan perpustakaan sudah sesuai atau belum," terang Sugiyanti.

Akreditasi perpustakaan merupakan salah satu bagian dari penilaian akreditasi pada tingkat universitas. UPS Tegal sendiri sedang mencanangkan untuk meningkatkan akreditasi institusinya agar meningkat menjadi A sehingga semua komponen harus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya, seperti salah satunya perpustakaan UPS Tegal.(*)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com