Selamat Datang!

UPS Tegal Kirim Mahasiswa Mengajar ke Thailand

Mahasiswa terbaik UPS Tegal kembali di kirim untuk mengajar ke Thailand/foto: istimewa
TEGAL- Universitas Pancasakti (UPS) Tegal kembali mengirimkan mahasiswa terbaiknya untuk kegiatan internasional. Kali ini kegiatan OPK 3 atau Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional.

PPL ini merupakan kegiatan akademik mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk semester 7 dalam menerapkan teori-teori pengajaran yang telah di dapatkan untuk diaplikasikan dalam pembelajaran di sekolah.

PPL Internasional dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Fajar Ari Sadewo SH MH yang mewakili Rektor UPS Tegal dipelataran Rektorat UPS Tegal pada saat apel, Senin (11/11) kemarin.

Dalam sambutanya Dr Fajar menyampaikan pesan Rektor untuk selalu menjaga almamater UPS Tegal selama berada di Thailand.

"Semoga para mahasiswa dapat menambah ilmu dan pengalaman selama di sana. Tidak lupa pula kami mendokan semoga para mahasiswa selalu dilindungi dan diberi kelancaran selama kegiatan di sana, sehingga pulan kembali ke UPS Tegal dalam keadaan sehat dan baik seperti pelepasan hari ini," ungkapnya.

Untuk kegiatan PPL Internasional ini merupakan kegiatan ketiga kalinya yang telah dilakukan oleh FKIP UPS Tegal. Sebelumnya Privete School at Special Zone Assosiation of Sonkhla Thailand mengundang UPS Tegal untuk mengikuti program PPL Internasional di daerah Thailand Selatan.

Kegiatan ini akan berlangsung selama lima  bulan mulai tanggal 16 November 2019 sampai dengan 15 Maret 2020. Selama lima bulan ke depan mahasiswa UPS Tegal akan mengajar di sekolah setingkat SMA di daerah Thailand Selatan.

Selain mereka berpraktik mengajar mahasiswa juga meperoleh gaji yang disediakan oleh pemerintah Thailand.

Kepala UPT Urusan Luar Negeri dan Kerja Sama dalam Negeri UPS Tegal Dr Yoga Prihatin MPd memberikan keterangan bahwa PPL Internasional ini merupakan permohonan dari asosiasi sekolah di Thailand Selatan.

Lebih lanjut Dr Yoga menyampaikan bahwa lima mahasiswa ini adalah mahasiswa pilihan yang telah melalui seleksi yang ketat sehingga mereka layak untuk dikirim dalam program ini.

Lima mahasiswa dari FKIP terdiri atas tiga mahasiswa dari Program Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) mereka adalah Istirokha Siam Fitri, Atmo Kusumo, dan Risa Prawitasari.

Selain itu Prodi Pendidikan Matematika (PMTK) mengirimkan dua mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini mereka adalah Siti Mutmainah dan Ananda Bella Pratiwi. Seluruh mahasiswa yang dikirim  dalam program PPL Internasional ini adalah mahasiswa semester tujuh.

Salah satu mahasiswa PPL Internasional ini Istirokha sangat bangga dan senang memiliki kesempatan untuk dapat keluar negeri sekaligus menerapkan keilmuan yang telah dipelajari di UPS Tegal.

"Senang, bangga tapi ada takutnya karena ini pengalaman saya yang pertama ke negera orang, takut aja soalnya kan beda kulture juga", ungkap Istirokha.(gus/*)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com