Selamat Datang!

Yonif 407/PK Gelar Tes Garjas Periodik II

Prajurit Yonif 407/PK ikuti kegiatan kesegaran jasmani (Garjas) dilapangan Mako Yonif 407/PK, Selasa (12/11)/foto: istimewa
TEGAL- Dalam rangka pelaksanaan program kerja satuan serta pembinaan dan pemeliharaan fisik Prajurit, Yonif 407/PK menggelar kegiatan tes Garjas (Kesegaran Jasmani) Periodik II TA 2019.

Kegiatan Garjas yang meliputi kesegaran A (lari 12 menit) dan B (Pull-Up, Shit-Up, Push-Up, Lunges, Suttle Run dan tes Postur) tersebut diselenggarakan di Lapangan Mako Yonif 407/PK, Selasa (12/11/2019).

Rangkaian kegiatan Garjas Periodik II anggota Yonif 407/PK berlangsung selama dua hari yaitu mulai tanggal 12-13 November 2019. Dihari kedua, para Prajurit melaksanakan tes ketangkasan perorangan berupa renang dasar jarak 50 meter. Kegiatan renang akan diselenggarakan di Kolam Renang Trisanja Slawi Kabupaten Tegal.

Sebelum kegiatan dimulai, Dantonkes Kima Yonif 407/PK Letda Inf Ckm Bambang Sasongko beserta anggota tim medisnya melaksanakan pengecekan kesehatan, yaitu tensi dan detak jantung kepada seluruh anggota Yonif 407/PK yang akan melaksanakan Garjas.

Kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan pemanasan secara maksimal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, hal ini dimaksudkan sebagai upaya untuk faktor keamanan dan keselamatan pesonel.

Kegiatan Garjas tersebut dipimpin oleh Perwira Jasmani (Pajas) Brigif -4/DR Kapten Inf Suparno dan dibantu oleh anggotanya sebagai tim penilai serta dibantu oleh beberapa anggota Yonif 407/PK sebagai tim pendukung.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut diawasi langsung oleh Waka Jasdam IV/Diponegoro Letkol Arm Cosmas Parundito dan didampingi oleh Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P.

Kapten Inf Suparno mengatakan agar untuk para Prajurit Yonif 407/PK yang akan mengikuti tes Garjas Periodik II tahun 2019 ini dapat melaksanakan dengan serius, sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.

"Nilai Garjas harus dapat dipertanggungjawabkan, karna nilai Garjas Periodik tersebut akan digunakan untuk persyaratan UKP, Dikbangpers dan Seldik bagi setiap personel," tegasnya.

Pajas Brigif -4/DR juga menekankan tentang faktor kemanaan dalam kegiatan. "Bagi anggota yang sudah melaksanakan rikes tensi tetapi tidak memenuhi syarat karna ada kendala baik tensi rendah maupun tensi tinggi, maka selanjutnya harus mengikuti petunjuk dari tim medis apabila tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. menyampaikan bahwa untuk kegiatan Garjas Periodik dilaksanakan sesuai dengan prosedur. Kegiatan garjas periodik dilaksanakan dua kali dalam setahun. Oleh karna itu, bagi setiap prajurit Yonif 407/PK harus melaksanakan pembinaan fisik sesuai program secara baik dan teratur.

Diharapkan untuk seluruh anggota Yonif 407/PK dapat melaksanakannya secara maksimal dengan mengikuti tahapan-tahapan tes Garjas dengan baik, penuh semangat dan tanggung jawab. "Garjas Periodik tersebut bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit, sekaligus mengukur kemampuan jasmani seorang prajurit secara berkala," begitu pungkasnya.
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com