Selamat Datang!

Giat Bersih Gulma Kaligung Menuai Apresiasi

PMI Kabupaten Tegal nampak sigap terjun langsung bersihkan gulma/enceng gondok di aliran Sungai Gung Desa Pekiringan Kecamatan Talang/foto: istimewa
SLAWI- Kegiatan bersih-bersih gulma/enceng gondok di aliran Sungai Gung atau Kaligung Desa Pekiringan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal yang dilaksanakan Minggu 8 Desember kemarin mendapat apresiasi banyak pihak.

Pasalnya pertumbuhan tanaman enceng gondok yang cepat dan berdampak pada sedimentasi atau pendangkalan sungai cukup berpengaruh kepada kelangsungan aliran sungai itu sendiri. Apalagi memasuki musim penghujan dikhawatirkan bisa menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Terkait gerakan bersih Kaligung yang diinisiasi Pemerintah Desa Pekiringan, banyak pihak yang terlibat secara langsung, sekaligus mengapresiasi giat peduli lingkungan tersebut.

Diantaranya, BPBD, PMI, DLH, PSDA, Dinkes, Polsek dan Koramil Talang. Selain itu relawan peduli lingkungan seperti Komunitas Penulis Peduli Aliran Sungai (Kappas), Paser Mania, Ikatan Wartawan Online (IWO) Tegal, Pemdes setempat serta pihak lain yang peduli, Linmas dan masyarakat sekitar aliran sungai.

Adalah M Aksan SIP MP mantan Pj Kades Pekiringan yang menjadi kreator giat tersebut. Di akhir masa tugasnya sebagai Pj Kades, jiwa ekologisnya ia curahkan dengan menggandeng beberapa pihak untuk terlibat langsung dalam aksi kepedulian terhadap lingkungan.

"Kami bersyukur giat bersih sungai ini bisa terlaksana, walaupun belum semua enceng gondok yang tumbuh subur di aliran Kaligung bisa dibersihkan, tapi minimal langkah awal ini bisa menggerakan semua elemen untuk peduli terhadap lingkungan," terang Aksan yang juga selaku Ketua Kappas, Senin (9/12).

Dikemukakan, pertumbuhan tanaman enceng gondok ini sangat cepat, dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama tanaman ini menutup daerah aliran sungai (DAS) Kaligung di Desa Pekiringan hingga ratusan meter. Sehingga bila dilihat dari atas aliran air tak nampak dan hanya warna hijau dari gulma yang menghiasi sungai.

Usai melaksanakan kerja bakti bersih-bersih sungai, tak lupa ia menyampaikan banyak terima kasih atas dukungan semua pihak yang terlibat secara langsung dari awal perencanaan hingga selesainya kegiatan tersebut.

"Terima kasih kepada Pemerintah dan masyarakat Desa Pekiringan, BPBD, PSDA, PMI, DLH, Dinkes, Polsek Talang, Koramil Talang, Kappas, IWO, Paser Mania dan para relawan. Tidak lupa kepada Ibu Dr Dewi Aryani MSi selaku anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan dan Ibu Noor Alina Agustini selaku Camat Talang," ungkap Aksan.

Terkait diatas, mantan Kepala DLH Kabupaten Tegal, Drs Agus Subagyo MM mengapresiasi giat bersih sungai. Ia pun memposting kegiatan tersebut lengkap dengan foto-foto kegiatan pembersihan enceng gondok di laman Facebook pribadinya.

Tidak ketinggalan PMI Kabupaten Tegal yang memang terlibat langsung dalam upaya giat bersih Kaligung, memposting giat dan foto-fotonya di Laman Facebook milik Sunarto Berkumis.

Termasuk beberapa anggota Kappas, IWO Tegal dan PSDA serta yang lainnya.

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Tegal, Hartadi Setiawan juga turut mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan itu menunjukan kepedulian terhadap aliran sungai yang bersih dan sehat dari semua yang terlibat.

"Salut untuk Pak Aksan selaku inisiator kegiatan bersih sungai. Kepedulian dan aksi nyatanya layak diacungi jempol," kata Hartadi didampingi pengurus IWO lainnya yang ikut terjun membersihkan gulma.

Sementara, Dian salah satu perangkat Desa Pekiringan mewakili masyarakat menyampaikan terima kasih atas dukungan dan sumbangsih dari semua pihak, sehingga kegiatan kerja bakti di DAS Kaligung Desa Pekiringan bisa terlaksana.

"Terima kasih kepada Pak Aksan atas dedikasi dan loyalitasnya selama ini kepada Pemerintah dan masyarakat Desa Pekiringan, juga kepada IWO Tegal dan Kappas," pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, tidak sedikit kalangan yang applaus terhadap aksi bersih sungai dari tumbuh suburnya gulma/enceng gondok. Hal itu tak lepas dari viralnya aksi kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan, yang di post banyak pihak. (dik)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com