Selamat Datang!

Petugas PBB-P2 Dibekali Materi Pemutakhiran Data

PURWOKERTO - Petugas Pendataan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) se-Kabupaten Banyumas mendapatkan pembekalan materi pemutakhiran data yang digelar Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) selaku leading sector, di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas, Senin (9/12).

Eko Prijanto, Kepala Bakeuda, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan petugas pendataan maupun petugas pemungut PBB-P2 dalam keakuratan data, sehingga upaya untuk menggali dan meningkatkan potensi pendapatan daerah dari PBB-P2 dapat berhasil optimal.

“Peserta kegiatan ini sebanyak 360 orang yang terdiri dari unsur Bakeuda, Petugas Kecamatan dan Petugas Desa," jelasnya.

Eko Prijanto mengungkapkan, Kabupaten Banyumas akan menambah payment PBB-P2 yang tadinya di Bank Jateng dan BNI akan ditambah lewat kerjasama dengan Kantor Pos, Go Pay, Indomaret, Alfamart dan Tokopedia. Hal ini sebagai upaya untuk memudahkan wajib pajak dalam hal pembayaran yang nantinya bermuara pada pendapatan daerah sehingga diharapkan tercipta Banyumas yang sejahtera.

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono dalam sambutannya menyampaikan bahwa otonomi daerah mengamanatkan daerah meningkatkan perkembangan ekonomi daerahnya untuk tumbuhnya dunia usaha dan daya beli masyarakat, sehingga pendapatan daerah juga meningkat.

“Petugas pemutakhiran data perlu diupdate dan diupgrade kemampuannya sehingga ketika petugas sudah baik, diharapkan akurasi data juga baik dan menghasilkan kegunaan untuk kelengkapan data yang dimanfaatkan untuk kelanjutan data yang lain," lanjutnya.

Para petugas juga dihimbau untuk sering berkonsultasi sebelum ada masalah, dan jangan setelah ada masalah baru konsultasi serta tidak melanggar aturan.

Para peserta mendapatkan materi dari tiga nara sumber yaitu Eko Bambang Marsudi (Kejaksaan Negeri Banyumas), Suharto (Kejaksaan Negeri Purwokerto) dan Etik Prasodjo (Bakeuda).

Pada waktu yang sama juga dilounching Channel Pembayaran Pajak PBB-P2 Di Payment.(pujo)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com