Selamat Datang!

Gulma Kaligung Mulai Dibersihkan, Dewi Aryani Apresiasi Giat Bersih Sungai

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dr Dewi Aryani MSi (kiri), Camat Talang Noor Alina Agustini, Sendy dan Pj Kades Pekiringan M Aksan SIP MP bersama relawan BPBD Kabupaten Tegal terjun langsung di DAS Kaligung Desa Pekiringan Kecamatan Talang dalam giat bersih sungai dari gulma atau enceng gondok, Minggu (8/12)/foto: istimewa
SLAWI- Memasuki musim penghujan dan untuk mengantisipasi banjir serta sedimentasi akibat gulma/enceng gondok di aliran Sungai Gung, gabungan relawan peduli lingkungan melakukan bersih Sungai Gung Desa Pekiringan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, Minggu (8/12).

Giat yang diinisiasi Pemdes Pekiringan dan Ikatan Wartawan Online (IWO) Tegal dihadiri anggota Komisi IX DPR RI Dr Dewi Aryani MSi, Camat Talang Noor Alina Agustini, Dinas Lingkungan Hidup, Diskimtaru, Dinkes, BPBD, PSDA Taru, PMI, Paser Mania, Polsek Talang, Koramil Talang, Komunitas Penulis Peduli Aliran Sungai (Kappas), Linmas dan masyarakat Desa Pekiringan.

Relawan dari PMI Kabupaten Tegal turut terlibat langsung dalam aksi peduli lingkungan bersihkan enceng gondok di aliran Sungai Gung Desa Pekiringan Kecamatan Talang/foto: istimewa
Dewi Aryani yang turun langsung ke lokasi dan menyempatkan untuk observasi langsung dengan menaiki perahu karet mengaku mengapresiasi giat bersih Sungai Gung.

"Bersih-bersih Sungai Gung/Kaligung bersama Camat Talang, Pj Kades Pekiringan dan masyarakat sekitar, mereka adalah para masyarakat yang peduli dengan kebersihan sungai," kata DeAr sapaan akrabnya.

Dewi usai terjun langsung dalam bersih sungai kepada awak media menyatakan mendukung gerakan ini sepenuhnya. Ia pun terus menyemangati semua pihak dan berharap masyarakat makin peduli lingkungannya sendiri.

Ikatan Wartawan Online (IWO) Tegal peduli lingkungan tidak hanya membantu menyiapkan gerakan bersih sungai, namun juga terjun langsung dalam giat yang diinisiasi Pemdes Pekiringan Kecamatan Talang/foto: istimewa
"Jika sungai bersih maka lingkungan akan lebih nyaman dan rakyat sehat, selain itu produktivitas dan ekosistem sungai juga terjaga baik. Jika hujan deras air dapat mengalir lancar tanpa hambatan sehingga banjir bisa dicegah sedini mungkin," tegas DeAr dari Fraksi PDI Perjuangan.

Kegiatan ini, lanjut DeAr, juga akan dilaporkan ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, agar mendapatkan perhatian khusus.

Camat Talang Noor Alina Agustini (tengah) bersama Sendy yang peduli lingkungan berharap kegiatan yang sama bisa dilaksanakan oleh desa-desa yang dilintasi aliran Sungai Gung/foto: istimewa
"Disatu sisi rutinitas pembersihan gulma atau enceng gondok harus berkelanjutan di sepanjang aliran sungai, tidak hanya Kaligung yang ada di Desa Pekiringan, namun juga desa-desa lain yang dilewati aliran Sungai Gung," katanya lebih lanjut.

Hal senada disampaikan Camat Talang Noor Alina Agustini. Ia berharap kegiatan yang sama bisa dilaksanakan oleh desa-desa yang berada atau di lintasi aliran Sungai Gung.

Sementara Pj Kades Pekiringan, M Aksan SIP MP terkait giat tersebut menyampaikan terima kasih kepada semus pihak yang terlibat. Yakni kepada masyarakat Desa Pekiringan dan elemen pemerintah desa, baik RT, RW, BPD, LPMD, perangkat desa, Linmas, Kappas, IWO, DLH, Dinkes, BPBD, PMI, Diskimtaru, PSDA Taru, Dewi Aryani anggota Komisi IX DPR RI, Camat Talang dan semua pihak yang peduli dan terlibat secara langsung.(dik)













Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com