Selamat Datang!

Polres Tegal Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Candi 2019

Polres Tegal laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2019 di lapangan Aspol Kalibliruk Slawi Kabupaten Tegal/foto: istimewa 
SLAWI- Polres Tegal melaksanakan pengamanan kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2019, di lapangan Aspol Kalibliruk Slawi Kabupaten Tegal, Kamis (19/12).

Bertemakan “Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 dipimpin oleh Kasdim 0712 Tegal Mayor Inf Akhmad Aziz didampingi Wakapolres Tegal Kompol Heru Budiharto SIK MIK.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan diawali dengan penyematan pita kepada perwakilan dari TNI, POLRI dan Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal. Usai penyematan pita Operasi Lilin Candi 2019 dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan oleh pimpinan apel.

Pada Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Candi 2019, Wakapolres Tegal Kompol Heru Budiharto SIK MIK membacakan amanat Kapolri dengan menyampaikan ucapan terimakasih kepada tamu undangan serta peserta apel atas pelaksanaan kehadirannya.

Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari Senin tanggal 23 Desember 2019, sampai dengan hari Rabu tanggal 1 Januari 2020. Fokus pengamanan adalah 61.308 obyek di seluruh Indonesia baik Gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan Tahun Baru, Terminal, Pelabuhan, Stasiun KA, dan Bandara.

Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 121.358 personel Polri, 17.190 personel TNI, serta 55.259 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya.

Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.792 titik pos pengamanan, 745 titik pos pelayanan, dan 45 titik pos terpadu. Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen, berupa deteksi dini dan deteksi aksi, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, disampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani, yaitu sebagai berikut:

1. Tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

2. Pastikan setiap personel hadir sesuai plotting serta paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

3. Lakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titk kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

4. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system.

5. Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara pemusnahan Miras hasil Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan mengamankan barang bukti sejumlah 13.532 botol minuman beralkohol oleh perwakilan Forkompinda Kabupaten Tegal didampingi Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Tegal.

Launching Korps Musik Endra Dhama Laksana Polres Tegal ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wakapolres Tegal Kompol Heru Budiharto SIK MIK kepada Bripda Briggita Thea Evana selaku Dirigen Korps Musik yang disaksikan oleh perwakilan Forkompinda Kabupaten Tegal.

Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Candi 2019 dengan penyerahan barang bukti roda dua kepada masyarakat pemilik kendaraan sejumlah 3 unit sepeda motor. Kegiatan ditutup dengan pengecekan kendaran dinas Polres Tegal terkait kesiapan dan kondisi maupun pendataan kendaraan dinas Polres Tegal.(*)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com