Selamat Datang!

Soft Launching Ekspor Pasta Bawang Merah ke Arab Saudi

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat menghadiri Soft Launching ekspor pasta bawang merah ke Arab Saudi/foto: istimewa
BREBES- Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH dalam acara Soft Launching Ekspor Pasta Bawang Merah ke Arab Saudi, di Wanasari Brebes, Rabu (18/12) berikan apresiasi kepada Bank Indonesia (BI) selaku Pembina Kluster dan Kelompok Tani Sido Makmur untuk semangat pengembangan usaha pembuatan Pasta Bawang Merah yang sudah bisa diekspor.

"Hal ini bisa dicontoh oleh kelompok tani lainya dalam pengeloalan hasil pertanian di Kabupaten Brebes yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Disampaikan, berawal dari menyiasati ketersediaan bawang merah yang melimpah dan untuk meningkatkan nilai tambah bawang merah, petani di Desa Sidamulya Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes yang tergabung dalam Kelompok Tani Sido Makmur mengolah bawang merah menjadi pasta.

"Olahan dalam bentuk berbeda ini diminati pasar luar negeri, seperti Arab Saudi. Negara ini menjadi pasar ekspor utama dengan permintaan 18 ton perbulan," ungkapnya.

Juwari, petani penggagas pasta bawang merah ini mengatakan, ekapor pertama dilakukan pada awal bulan Desember 2019. Sedangkan ekspor kedua dilakukan pada tanggal 19 Desember 2019.

Hadir dalam acara Soft Launching Pasta Bawang Merah, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kantor Perwakilan BI Tegal, Sekda beserta Kepala SKPD Brebes, Pimpinan Perbankan, GM PLN Tegal, Ketua MUI, Anggota Kelompok Tani Sido Makmur dan masyarakat setempat. (dik) 


Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com