Selamat Datang!

Waspada Bencana, Gubernur Jateng Lakukan Koordinasi Banyak Pihak

Jawa Tengah waspada bencana/foto: istimewa
PURWOKERTO- Seiring dengan hujan deras yang melanda wilayah Jawa Tengah, sejumlah bencana alam mulai terjadi di wilayah ini. Terbaru bencana longsor dan banjir lumpur, yang menyebabkan ruas jalan nasional terputus, yakni di Banjarnegara dan Karangpucung Cilacap.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat akan menjadi pembicara Seminar Lapangan Kerja Generasi Milenial di IAIN Purwokerto, Rabu (18/12/2019) siang, mengatakan pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan berbagai pihak, tidak hanya BPBD dan Dinas Provinsi, namun juga kordinasi dengan BPBD Kabupaten dan Kota se- Jawa Tengah.

Termasuk menyiapkan logistik dan peralatan, untuk melakukan penanganan kebencanaan. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, juga telah memetakan ancamanan bencana hidrometrologi yang paling mematikan yakni longsor. Terutama mulai dari Kedu - Banyumas - Cilacap atau perbatasan Jawa Barat.

Sehingga wilayah – wilayah ini, perlu dilakukan perhatian khusus, termasuk penyedian peralatan berat di sejumlah wilayah yang rawan bencana tanah longsor.

Ganjar juga menilai penanganan bencana longsor di Banjarnegara yang menutup akses jalan nasional berjalan cepat. Sehingga menjelang pukul 23.00 WIB, jalan tersebut sudah bisa dibuka dan dilalui oleh kendaraan.

“Yang jelas kesiapanya, BPBD, semua sector, dari kelompok masyarakat, sudah mewaspadai bencana yang muncul saat hujan. Seperti kejadian di banjir rob, di depan Polsek Genuk Semarang. Terjadi semalam, namun paginya harinya sudah surut. Hal ini terjadi adanya kerjasama semua pihak, untuk mengantisipasi bencana tersebut,” kata Ganjar.

Ganjar juga meminta pada saat pelaksanaan masa liburan,  Natal dan Tahun Baru 2020, perlu mewaspadai bencana alam yang berdampak pada jalan, ataupun rel kereta api.

Perlu juga adanya ambulan berukuran besar dan juga ambulan motor, untuk mengantisipasi jika terjadi bencana alam atau kecelakaan. Selain itu, di saat musim penghujan ini, diharapkan semua media masa untuk memberi sosilisasi kepada masyarakat. Agar bisa melakukan mitigasi dengan benar.(*)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com