Selamat Datang!

Bupati Tegal Bentuk Satgas Penanggulangan Limbah B3

Bupati Tegal Umi Azizah menerima perwakilan pendemo terkait limbah B3/foto: humas pemkab tegal
SLAWI (ranahpesisir.com)- Bupati Tegal Umi Azizah bentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) untuk Desa Karangdawa, Jatilaba dan sekitarnya.

Langkah tersebut diambil sebagai bentuk respon atas tuntutan Aliansi Rakyat Bersatu (ARB) yang menghendaki agar aktifitas usaha pembakaran limbah B3 di Desa Karangdawa Kecamatan Margasari ditutup.

Sebelumnya, ratusan warga yang tergabung dalam ARB menyampaikan aspirasinya melalui unjuk rasa damai di depan Kantor Pemkab Tegal, Jumat (17/1) kemarin.

Usai menyampaikan orasinya, sepuluh orang perwakilan pendemo diterima Bupati Tegal beserta jajarannya di ruang transit Setda Kabupaten Tegal didampingi Kapolres Tegal AKBP Muh Iqbal Simatupang, pimpinan DPRD dan unsur Forkopimda Kabupaten Tegal lainnya.

Pimpinan aksi, Juni Prayitno menuturkan jika aksi ini murni tuntutan warga yang menghendaki lingkungan tempat tinggalnya terbebas dari polusi dan pencemaran.

“Aksi ini sama sekali tidak punya motif politik, tidak ada kepentingan jabatan dan tidak ditunggangi oleh siapapun. Ini murni suara rakyat," ujarnya.

Juni menandaskan jika warganya kecewa dengan sikap pemerintah yang tidak tegas, cenderung diam dan membiarkan permasalahan yang sudah bertahun-tahun terjadi.

“Tepat setahun lalu Bupati Tegal sudah meninjau kesana, jadi jangan biarkan kami menunggu lebih lama lagi. Kami minta Bupati segera menutup tempat itu, karena kami sudah tidak tahan lagi dengan dampak polusi udara yang ditimbulkannya, ditambah baunya yang menyengat. Jelas ini sangat berbahaya bagi kesehatan, kecuali pemerintah menginginkan ada warganya yang jadi korban dulu baru bertindak," terang Juni.

Pihaknya juga menginginkan adanya perlindungan karena dalam menyampaikan aspirasinya ini, Juni mengaku sempat mendapat tekanan dan meyakini intimidasi akan meningkat usai ini.

Menanggapi permintaan tersebut, Umi menyatakan pihaknya bisa memahami apa yang menjadi keresahan warganya dan berharap agar warga bisa menahan diri untuk tidak berbuat anarkis.

"Saya bisa merasakan apa yang dirasakan warga Karangdawa, Jatilaba dan sekitarnya karena saya pernah kesana dan melihatnya sendiri. Soal penutupan, akan kita kaji secepatnya, karena negara kita adalah negara hukum. Melalui Satgas akan kita cek izin usahanya, sejauh mana pelanggarannya," jelas Bupati.

Umi menambahkan jika penanggulangan limbah B3 di Desa Karangdawa sudah menjadi perhatiannya sejak dilantik sebagai Bupati Tegal. Upaya penyelesaiannya juga sudah menjadi quick wins pemerintahan di bidang lingkungan hidup.

Ditemui usai menerima para pendemo, Umi mengatakan, Pemkab Tegal sesungguhnya sedang berproses, sudah memiliki roadmap. Di bulan Oktober 2019 lalu pihaknya sudah mendudukan warga terdampak dengan para pemangku kepentingan dalam satu forum.

Hadir waktu itu, Direktur Lingkungan Hidup Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas, Direktur Pusat Teknologi Lingkungan BPPT, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Pemprov Jateng, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pemprov Jateng.(*)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com