Selamat Datang!

Tingginya Intensitas Hujan dan Luapan Waduk Cacaban Akibatkan Desa Sidaharja Tegal Terendam Banjir

Bupati Tegal Umi Azizah didampingi Kepala Dinsos Kabupaten Tegal Nurhayati sidak ke lokasi banjir di Desa Sidaharja Kecamatan Suradadi sekaligus memberikan bantuan logistik berupa nasi ponggol dan air mineral sebanyak 200 paket serta beras 6 kuintal/foto: istimewa
SLAWI- Desa Sidaharja Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal terendam banjir. Tingginya intensitas curah hujan yang cukup lama sejak Selasa (7/1/2020) mulai pukul 23.10 Wib membuat desa di pesisir pantai utara ini kembali digenangi air.

Kades Sidaharja, HM Sumaryo mengemukakan bahwa banjir kiriman tersebut terjadi karena meluapnya Waduk Cacaban yang mengakibatkan banyak sawah dan rumah warga yang terendam banjir.

"Lahan sawah seluas 109 hektar, dan 1.287 rumah yang dihuni oleh 1.754 kepala keluarga, 7.204 jiwa di Desa Sidaharja terendam banjir," jelas Sumaryo.

Disampaikan Sumaryo, kejadian tersebut sudah terjadi sekali sepanjang bulan Januari, dan sangat mengancam terjadinya rawan pangan bagi 1.754 KK, 7.204 jiwa.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dilapangan, wilayah Desa Sidaharja yang terendam banjir semalam hingga pagi kemarin adalah kawasan RT 13, 14, 15 dan 16 yang berada diwilayah RW 07. Kemudian RT 11 dan 10 Pedukuhan Bandengan yang ketinggian airnya cukup parah sekira 75 cm.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal Mochamad Soleh melalui Kabid Rehabilitasi Rekonstruksi Saeful Mizan mengungkapkan, musibah banjir kali disebabkan tingginya curah hujan diwilayah atas seperti Pangkah dan Jatinegara yang memicu naiknya permukaan air di Bendungan Kali Cacaban. Padahal normalisasi Kali Cacaban sudah 3 tahun terakhir dilakukan secara berturut turut.

Sementara Bupati Tegal Umi Azizah didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Nurhayati melakukan sidak ke lokasi terdampak banjir di Desa Sidaharja. Dalam kesempatan itu Bupati memberikan bantuan logistik kepada masyarakat berupa nasi ponggol dan air mineral sebanyak 200 paket dan kiriman beras sebanyak 6 kuintal.

Terkait diatas, Kasi Trantib Kecamatan Suradadi, Jamaludin SIP menambahkan, warga yang rumahnya terendam banjir meminta bantuan berupa penyedotan air dan lumpur yang masuk ke rumah. (dik)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com