Selamat Datang!

Brigjen Pol Rumiah Kartoredjo, Kapolda Wanita Pertama di Indonesia

Brigjen Pol Rumiah Kartoredjo/foto: doc
Dalam sejarah Polri, wanita pertama yang mencapai pangkat perwira tinggi adalah Brigjen Pol. Jeanne Mandagi (alm.)

Sesudahnya terdapat beberapa Polwan yang menyusul menjadi perwira tinggi yaitu Brigjen Pol. Roekmini Koesoemo Astoeti (alm) pernah aktif di Komnas HAM), Brigjen Pol. Noldy Ratta, Brigjen Pol. Paula Bataona, Brigjen Pol. Soepartiwi, Brigjen Pol. Ida Utari, Brigjen Pol. Dra. Hj. Nur Afiah, MH, Brigjen Pol. Sri Handayani dan Brigjen Pol. Juansih.

Yang pertama kali meraih pangkat bintang 2 adalah Irjen Pol. Basaria Panjaitan yang kelak lebih dikenal sebagai salah satu pimpinan KPK. Basaria memegang rekor sementara sebagai Polwan dengan pencapaian pangkat tertinggi hingga kini.

Namun yang pertama kali menjadi Kapolda adalah Brigjen Pol. Rumiah Kartoredjo yang menggantikan Brigjen Pol. Timur Pradopo menjadi Kapolda Banten.

Beliau adalah lulusan IKIP Surabaya (kini Univ. Negeri Surabaya atau Unesa) tahun 1971 dan menjadi Polwan sejak 1978. Beliau kelahiran Tulungagung, 19 Maret 1953. Timur Pradopo kelak menjadi Kapolri setelah sempat menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Buku biografi Brigjen Rumiyah diterbitkan tahun 2014 sebagai kebanggaan Unesa terhadap salah satu alumninya ini. Sayang sekali buku ini terlalu tipis untuk menceritakan sosok Rumiyah, bahkan tidak diulas tentang keluarga beliau khususnya suami tercinta.

Rumiyah menjabat sebagai Kapolda Banten antara tahun 2008 - 2010 dan mampu menciptakan suasana keamanan yang relatif kondusif di Banten selama masa kepemimpinannya.

Pada masa itu Polda Banten merupakan Polda tipe B yang dipimpin oleh jenderal bintang 1. Kini telah dimekarkan menjadi Polda tipe A yang dipimpin jenderal bintang 2. (donatus donny)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com