Selamat Datang!

Dosen Prodi Komputer PHB Tegal Berikan Pelatihan Aplikasi Perkantoran

Dosen Prodi Komputer PHB Tegal bersama para peserta pelatihan aplikasi perkantoran/foto: istimewa
SLAWI (ranahpesisir.com)- Saat ini hampir segala bidang kehidupan sudah memanfaatkan kemajuan teknologi, perubahan dari yang konvensional menjadi komputerisasi. Tidak terkecuali di pemerintahan, baik di tingkat nasional maupun pemerintah daerah.

Ketua Prodi D3 Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama (PHB), Rais, S.Pd, M.Kom mengungkapkan pelayanan di berbagai kantor kelurahan atau kecamatan seperti di Kota maupun Kabupaten Tegal telah menggunakan komputerisasi dan hampir semua jenis pelayanan telah mengimplementasikan sistem informasi terpadu.

“Kecepatan pelayanan perkantoran ini perlu ditunjang dari beberapa sisi, yakni administrasi yang tepat menggunakan komputerisasi dan didukung dengan Sumber Daya Manusia  yang memiliki kemampuan mengoperasikan komputer,” kata Rais.

Salah satunya seperti di Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal yang memiliki 19 desa dan jumlah penduduk yang sangat padat. Maka pelayanan kantor kecamatan ini juga menjadi hal yang tidak mudah.

Para peserta nampak antusias mengikuti pelatihan aplikasi perkantoran di PHB Tegal/foto: istimewa 
Dra. Noor Alina Agustin selaku Camat Talang mengemukakan bahwa pihaknya berusaha memberikan pelayanan yang efektif bagi para warganya dan sangat mendukung akan SDM yang memiliki kompetensi di bidang administratif perkantoran karena di era sekarang hampir semua berbasis komputer.

“Perkembangan teknologi informasi juga mempengaruhi pada kemajuan pola pikir masyarakat sekarang ini, jadi kompetensi di bidang komputer itu memang sangat penting,” ungkapnya.

Pengabdian Kepada Masyarakat
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi D3 Teknik Komputer PHB kali ini adalah memberikan penguatan kompetensi di bidang administratif perkantoran bagi para staf kecamatan termasuk di dalamnya adalah beberapa staf atau perangkat desa naungannya seperti Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal.

Dosen dan mahasiswa Prodi D3 Teknik Komputer memberikan pelatihan tentang MS.Word dan MS.Excel kepada 11 utusan desa Kecamatan Talang, di Laboratorium Komputer Gedung B, Kampus 1 Politeknik Harapan Bersama pada 28/01/2020, lalu.

Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat ini yakni Ida Afriliana, ST, M.Kom menyampaikan para peserta pelatihan sangat antusias dan semangat. Pelatihan ini berdurasi 11 jam dilakukan selama 2 hari dengan beberapa materi tentang administratif perkantoran.

“Peserta dapat belajar secara efektif dan efesien dalam mengikuti pelatihan ini karena setiap satu peserta didampingi satu mahasiswa asisten mentor. Narasumbernya juga dari dosen yang sangat berkompeten di bidang ilmu komputer seperti Ahmad Maulana, S.Kom, Arif Rahman, S.E, S.Pd, M.Kom dan Nurohim, M.Kom”, kata Ida.

Para dosen melakukan Pengabdian kepada Masyarakat tersebut sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sehingga ilmu dan kemampuannya dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan masyarakat Tegal dan sekitarnya. Dengan adanya Tegal yang akan berkembang menjadi Smart City maka kemampuan masyarakat dalam penggunaan teknologi komputer sangat diperlukan.(*)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com