Selamat Datang!

Klenteng Po An Thian Gelar Kirab Budaya Imlek 2020

Sambut Cap Go Meh Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili/4718 Huangli, Klenteng Po An Thian Pekalongan/foto: istimewa
PEKALONGAN (ranahpesisir.com)- Menyambut Cap Go Meh Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili / 4718 Huangli, Klenteng Po An Thian Pekalongan melaksanakan Kirab Ritual dan Budaya Imlek 2020 yang digelar di hari ke-14 Imlek mendapat sambutan antusias dari masyarakat.

Kirab ini dimulai dari depan klenteng kemudian menempuh rute di sejumlah jalan protokol Kota Pekalongan dan kembali finish di halaman klenteng.

Hadir dalam acara ini anggota Dewan pertimbangan Presiden (Wantimpres) Habib Lutfi Bin Ali bin Yahya, Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz, Ketua DPRD Balgies Diab, Kepala Kejaksaan Negeri Zainul Arifin dan Wakapolres Pekalongan Kota Kompol Gangsar Subagyo.

Acara ini bisa jadi merupakan cerminan dari penghargaan keberagaman yang ada di Kota Pekalongan. Karena pesertanya tak hanya dari Umat Kong Hu cu, namun juga umat dari agama lain yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz kepada wartawan usai acara sangat menyampaikan apresiasinya terhadap gelaran acara tersebut.

"Ini adalah bukti bahwa keberagaman di Kota Pekalongan bisa hidup berdampingan dan tumbuh dengan subur," katanya.

Walikota menunjukkan penonton dan peserta kirab yang tak hanya dari golongan tertentu saja.

"Ini juga menunjukkan akulturasi budaya dari berbagai suku bangsa dan ras bisa bertahan bahkan berkembang dengan baik. Jika dikelola dengan baik acara ini bisa menjadi destinasi wisata tahunan di Kota Pekalongan," tambahnya.

Ritual ini selain mengarak Joli yang berisi Dewa Dewi yang dipuja dalam agama Konghucu juga dimeriahkan dengan Marching Band SMK SUPM Nusantara Batang, Kesenian Rampak, FKUB Pekalongan, Sasana Barongsai dan Liong Pekalongan, serta Toa Kok Tui Klenteng Po An Thian Pekalongan. (*)


Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com