Selamat Datang!

Pemcam Tegal Timur Kota Tegal Gelar Lomba Posyandu dan PHBS

Lomba Posyandu dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kecamatan Tegal Timur dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Tegal Timur, Senin (24/2/2020)/foto: hartadi
TEGAL (ranahpesisir.com)- Penilaian lomba Posyandu dan lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kecamatan Tegal Timur Tahun 2020 dilaksanakan, di Aula Kantor Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal, Senin (24/2/2020).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal diwakili Wiwi selaku staf Seksi PKPN mengatakan, keberhasilan posyandu ini tentunya tidak terlepas dari keberhasilan seluruh perangat daerah beserta para kader posyandu dalam memberdayakan partisipasi dan swadaya masyarakat, terkait kesadaran warga untuk meningkatkan taraf dan kualitas kesehatan.

"Posyandu merupakan pusat kesehatan bersumber daya masyarakat, dan yang paling memasyarakat sekarang ini adalah 5 program pokoknya. Meliputi kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, perbaikan gizi, imunisasi dan penanggulangan diare," papar Wiwi.

Posyandu, lanjutnya, memiliki peran yang strategis sebagai pelayanan kesehatan dasar di masyarakat. Posyandu yang berasal dari, oleh dan untuk masyarakat, memang dibentuk sebagai upaya penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi.

"Dengan memberdayakan masyarakat setempat, posyandu diharapkan menjadi ujung tombak dalam pemantauan kesehatan ibu, bayi dan balita," jelas Wiwi.

Selain itu, posyandu juga berperan sebagai tempat alih informasi serta pembinaan ketrampilan, terutama yang berkaitan dengan kualitas kesehatan. Untuk itulah, peran aktif kader posyandu sangat diperlukan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dasar dengan menggerakkan dan memberdayakan keluarga, serta berperan aktif memberikan penyuluhan untuk menunjang keberhasilan program-program posyandu.

Lomba ini bertujuan sebagai salah satu cara mengukur sejauh mana tingkat efektifitas layanan posyandu dan keterlibatan warga masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga dapat dijadikan tolak ukur kemampuan kader dalam memberikan bimbingan dan informasi kepada masyarakat, juga untuk mengevaluasi pelaksanaan posyandu serta melakukan pembinaan terhadap apa yang masih perlu ditingkatkan.

"Seperti tingkat partisipasi masyarakat dan kesadaran akan pentingnya pemantauan status gizi, cakupan imunisasi pada bayi dan balita," katanya lebih lanjut.

Penilaian ini juga merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada posyandu beserta kadernya, sekaligus sebagai bentuk pembinaan dari lintas sektor terkait posyandu.

Sementara, Ketua Tim Penilai Lomba Posyandu dan Kader Posyandu tingkat Kecamatan Tegal Timur, dr Fikri Al Mujahid menyampaikan akan menilai dengan seoptimal mungkin sesuai dengan fakta di lapangan.

"Semoga Kecamatan Tegal Timur bisa mewakili ke tingkat Kota Tegal," harap Fikri yang bersama Tim Penilai Lomba Posyandu dan Kader Posyandu langsung melakukan verifikasi.

Hal senada juga disampaikan Ketua Tim Penilaian Lomba PHBS yang juga Kepala Puskesmas Tegal Barat Kota Tegal, dr Bambang Kuswanto. Pihaknya akan melakukan penilaian sebaik mungkin.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimcam Tegal Timur, Kepala Puskesmas Tegal Timur, Lurah dan kader posyandu.(*)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com