Selamat Datang!

Pertunjukan Rakyat jadi Sarana Efektif Sampaikan Informasi ke Masyarakat

Pertunjukan rakyat yang menyuguhkan layar rancap dan kesenian tradisional digelar di lapangan Kelurahan Kandang Panjang Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan/foto: istimewa
PEKALONGAN (ranahpesisir.com)- Dengan kearifan lokal yang ada di daerah, pesan yang disampaikan lebih mengena kepada masyarakat, daripada mengundang nara sumber pada kegiatan sosialisasi di gedung pertemuan.

Hal itu seperti yang disampaikan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jateng melalui Kabid IKP Setyo Irawan saat menghadiri pertunjukan rakyat di lapangan Kelurahan Kandang Panjang Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan, Jumat (21/2/2020).

Menurutnya, layar tancap dan kesenian tradisional sekarang sangat jarang. Anak lebih suka kesenian asing.

"Ini menjadi tugas kita untuk menjadikan kesenian tradisional sebagai diseminasi informasi, sehingga kesenian tradisional bisa berkembang, informasi bisa sampai ke masyarakat sekaligus bisa menghibur masyarakat," jelas Setyo.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Kota Pekalongan, Yos Rosidi mengemukakan bahwa kegiatan seperti ini sangat positif sebagai salah satu cara untuk menggairahkan kembali seni pertunjukan rakyat yang merupakan sarana untuk menyampaikan informasi yang efektif.

"Namun saat ini tantangannya lebih berat, terutama di kota, dimana anak anak tidak asing dengan platform global seperti facebook, instagram dan game online," terang Yos.

Ia berharap mudah mudahan kegiatan ini menjadi sarana efektif, bagaimana anak anak tidak disuguhkan bahasa langit tapi dengan bahasa rakyat.(*)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com