Selamat Datang!

Prosesi Kirab 4 Pusaka Warnai Hari Jadi Banyumas ke 449,

Prosesi kirab 4 pusaka dalam rangkaian Hari Jadi Banyumas ke 449 berlangsung meriah/foto: parsito
PURWOKERTO (ranahpesisir.com)- Prosesi kirab 4 pusaka yang diikuti para pejabat, Aparatur Sipil Negara, seniman, budayawan, pelajar dan mahasiswa warnai rangkaian acara Hari Jadi Banyumas ke-449, Minggu (16/2/2020).

Prosesi kirab pusaka dipimpin oleh Bupati Banyumas ke-31, Achmad Husein. Kirab juga dihadiri Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono, anggota Forkopimda masing masing bersama istri atau suami, pimpinan dan anggota DPRD, kepala dinas instansi, camat, kepala desa dan kelurahan, serta warga masyarakat ikut serta dengan mengenakan pakaian adat Banyumasan.

Kirab dimulai pukul 09.00 WIB mulai dari halaman Pendopo Rumah Wakil Bupati menyusuri jalan Jenderal Sudirman menuju Pendapa Sipanji yang berjarak sekitar 2 km.

Kepala Sub Bagian Dokumentasi Pimpinan pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Banyumas, Parsito mengatakan, kirab pusaka menjadi satu agenda tahunan wisata budaya di Kabupaten Banyumas yang selalu ditunggu oleh wisatawan baik lokal maupun regional.

Urut-urutan kirab diawali manggala yudha, diikuti dibelakangnya lambang daerah, kemudian Tombak Kyai Genjring bersama umbul-umbul dan berturut-turut keris Kiai Gajah Endro, Keris Kiai Nalapraja, dan Kitab Stambul.

Benda-benda pusaka itu kemudian di kirab bersama rombongan yang membawa joli atau foto Bupati Banyumas dari masa ke masa.

Sesampainya di Pendopo Sipanji dilakukan upacara palereman yang dipimpin oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono.(*)


Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com