Selamat Datang!

Terkait Kebijakan Satu Arah, Ketua DPRD Pemalang Sidak di Jalan Jensud

Ketua DPRD Kabupaten Pemalang HM Agus Sukoco SIP MSi (tengah) saat melaksanakan sidak di jalan Jenderal Sudirman, Minggu (23/2/2020)/foto: uripto gd
PEMALANG (ranahpesisir.com)- Upaya Pemerintah Kabupaten Pemalang yang membuat kebijakan satu arah melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pemalang di jalan Jenderal Sudirman Pemalang dari arah timur mulai traffigh light (lampu merah) depan Toko Tiptop ke barat sampai depan Perum Pegadaian ternyata mendapat tentangan dari masyarakat Pemalang, baik para pedagang, pramuniaga, tukang parkir maupun pengguna jalan.

Para pedagang mengeluh karena kebijakan satu arah menyebabkan dagangannya sepi dan omset anjlok secara drastis. Sedangkan dari pramuniaga keluhkan pengunjung toko yang mulai sepi yang berdampak pada minimnya omzet dan pengurangan karyawan.

Tak ketinggalan tukang parkir juga mengeluhkan berkurangnya pendapatan. Kini tukang parkir hanya meraih pendapatan 20 persen lebih sedikit jika dibandingkan sebelum ada kebijakan satu arah.

Bahkan tidak sedikit para pengguna jalan menggerutu, mencaci maki serta sumpah serapah, karena kesulitan manakala melewati jalan yang harus berbelok melalui jalan Sindoro yang sempit.

Terkait diatas, Ketua DPRD Kabupaten Pemalang HM Agus Sukoco SIP MSi gerah. Agus lantas menyikapi aspirasi dan keluhan warga masyarakat dari berbagai sisi dengan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke lokasi, Minggu (23/2/2020).

Agus Sukoco langsung mendatangi satu persatu warga masyarakat yang tinggal dan setiap hari mencari nafkah di sepanjang jalan Jenderal Sudirman Pemalang.

HM Agus Sukoco SIP MSI yang juga Calon Bupati Pemalang menggandeng pasangannya H Eko Priyono SH MM mulai melakukan sidak dari Toko Roti Purimas ke timur sampai Toko Tiptop dan kembali lagi ke barat sambil sarapan pagi di Purimas.

Iwan Hermawan, pemilik Toko Istana Hijab dan beberapa pedagang lainnya langsung menyampaikan keluhannya kepada Agus Sukoco.

"Maaf pak saya pedagang di sini semenjak ada aturan satu arah ini, saya dan teman teman pedagang sangat sepi sekali, kaya di cekik lehernya," ungkap Iwan.

Albert (24) pemilik Toko Sepeda Lima Satu meminta agar jalan Jenderal Sudirman dikembalikan seperti sebelumnya. "Saya minta kepada Bapak Ketua DPRD Kabupaten Pemalang supaya jalan ini secepatnya di kembalikan seperti semula.

Hal senada juga disampaikan Teguh (62) pemilik Toko Istra. Ia mengusulkan agar keluhan tidak hanya secara lisan tapi juga tertulis.

"Usul saya tidak hanya lewat lisan tapi tertulis dan ini saya sampaikan langsung ke Ketua DPRD Kabupaten Pemalang dengan harapan langsung di tindak lanjuti," jelasnya.

Teguh juga bercerita bahwa para pedagang omsetnya sangat menurun, seperti pedagang roti dan pedagang telur, "Pak Haryono biasanya dulu satu hari 4 ton, kini sehari kurang dari 1 ton dan yang lain lainnya," imbuhnya.

Diluar para pemilik toko dan penghuni perniagaan, ternyata kebijakan satu arah ini menjadi kontra di masyarakat, ada yang melalui medsos; Twitter Facebook, Youtube, Instagram yang jumlahnya ribuan komentar miring.

Salah satunya dari Suripto Pengurus DPD Partai Golkar Pemalang yang sudah sangat senior hingga dijuluki Ripto Golkar. Ia mengatakan bahwa kebijakan yang di lakukan Pemda Kabupaten Pemalang dengan pelaksana utama Dishub Pemalang ini bukan keliru tapi lebih dari itu.

"Mungkin Dishub juga nggak ngerti istilah satu arah, nggak ngerti apa arti blaouvard, arti gazone atau garis pemisah jalan. Kalau menurut hemat kami jalan Jendsud Pemalang itu sudah satu arah, karena jalan sudah dipisah oleh pembatas jalan, dan satu lajur jalan hanya di lewati satu arah kendaraan, itu namanya sudah satu arah," tegasnya.

"Ini menjadi aneh dan dungu kalau jalan sudah satu arah kok di buat satu arah lagi. Apa mungkin ini hadiah dari ulang tahunnya Kabupaten Pemalang yang ke 445," tandas Ripto Golkar yang menganggap ini kebijakan coba coba. (uripto)


Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com