Selamat Datang!

Wawalkot Tegal: Usulan Mendagri Pemicu Kemajuan Perkembangan Perpustakaan dan Budaya Membaca Masyarakat

Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan 2020, di Birawa Ballroom Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (25/2/2020)/foto: istimewa
TEGAL (ranahpesisir.com)- Usulan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Tito Karnavian agar Walikota/Bupati menyediakan bahan bacaan di masing masing kelurahan atau desa merupakan salah satu pemicu kemajuan perkembangan perpustakaan dan budaya membaca pada masyarakat.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi terkait instruksi Mendagri yang disampaikan saat memberikan sambutan pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan 2020, di Birawa Ballroom, Hotel Bidakara, Selasa (25/2/2020).

Dikemukakan Jumadi, Mendagri meminta kepada Pemerintah Daerah baik yang di provinsi maupun kabupaten/kota agar mendorong anggaran pembangunan perpustakaan di kecamatan-kecamatan, kelurahan dan desa.

Dalam rakornas tersebut, masih kata Jumadi, Mendagri menyampaikan kepala daerah hendaknya turut mendukung ketersediaan bahan bacaan bagi masyarakat. Menurutnya masih banyak daerah yang belum paham persoalan tentang minat baca.
Hal tersebut penting, sebab semakin banyak bahan bacaan tersedia, maka semakin terbuka inovasi yang bisa dihasilkan, mengembangkan ide, dan juga opsi-opsi sehingga mampu menghasilkan keputusan yang cepat.

Mendagri, lanjut Jumadi, juga akan segera mengirimkan surat edaran kepada gubernur, walikota dan bupati terkait permintaan penggunaan anggaran daerah, dana desa dan dana kelurahan yang dialokasikan untuk pembuatan perpustakaan.

Sementara menanggapi hal tersebut, Wakil Walikota Tegal, Muhamad Jumadi menyatakan Kota Tegal sudah siap, dan menyambut baik serta mendukung usulan Mendagri.

"Dari jumlah 27 kelurahan se Kota Tegal masing-masing sudah memilki pojok baca, bahkan di beberapa kelurahan sudah ada yang memiliki koleksi buku yang berjumlah ribuan," jelas Jumadi. (*)

Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com