Selamat Datang!

Bimtek Managemen Pemdes, Bupati Tegal Berharap Perangkat Desa Paham Program Unggulan

BIMTEK- Sebanyak 100 perangkat desa se Kabupaten Tegal ikuti Bimtek Managemen Pemerintahan Desa di Gedung Muslimat NU, Rabu (11/3/2020)/foto: aksan
SLAWI (ranahpesisir.com)- Semua Perangkat Desa diharapkan paham betul Program Unggulan Pemerintah Kabupaten Tegal. Sehingga dalam bekerja perangkat desa mengedepankan integritas, bersinergi dengan simpul simpul lembaga ditingkat desa, mengoptimalkan potensi, sumber daya serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Hal itu disampaikan Bupati Tegal Dra Hj Umi Azizah dalam paparannya pada kegiatan Bimbingan Teknis Managemen Pemerintahan Desa yang dilaksanakan di Gedung Muslimat NU Kabupaten Tegal, Rabu (11/3/2020).

"Insya Allah dengan Bimtek Managemen Pemerintahan Desa akan menjadi keselarasan pemerintahan desa dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan good governance," kata Umi dihadapan 100 peserta perangkat desa se Kabupaten Tegal.

Pelaksanaan Bimtek Managemen Pemerintahan Desa mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2015, tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. Peraturan Bupati Tegal Nomor 74 Tahun 2016 tentang Perangkat Desa, dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Tegal Tahun 2020.

Bimtek dengan narasumber/pengajar masing masing Bupati Tegal, Plt Kadispermaades serta Kabid APD dan Kabid PTD dimaksudkan agar para perangkat desa di Kabupaten Tegal, utamanya yang belum pernah mengikuti pelatihan dapat bertambah wawasannya.

Selain itu juga untuk meningkatkan penguasaan manajemen pemerintahan desa serta penguasaan peraturan perundang-undangan tentang perangkat desa sebagai bekal penyelenggaraan pemerintahan desa dan pelayanan terhadap warganya.

Dalam bimtek ini dipaparkan materi yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi perangkat desa, pembangunan di desa, pertanggungjawaban kegiatan pembangunan, dan regulasi terkait perangkat desa serta administrasi pemerintahan desa.

Bupati Tegal dalam Materi Kebijakan Pembangunan Daerah Kabupaten Tegal menyampaikan paparan 9 Program Unggulan Pemkab Tegal 2019-2024.

Pertama: Pembangunan sentra pelayanan publik prima dengan menghadirkan Mal Pelayanan Publik sebagai pusat pelayanan terpadu atau “one stop service”.

"Nantinya, inovasi mall itu akan melayani seluruh keperluan administrasi warganya, mulai dari perizinan hingga persuratan," ujar Umi.

Kedua: Perluasan lapangan kerja, penciptaan investasi pro rakyat dan penumbuhan wirausaha muda melalui metode pendampingan melalui Co-Working Space di Trasa sebagai pusat konsultasi bisnisnya yang sudah diresmikan bulan lalu, tepatnya Sabtu 29 Februari 2020.

Ketiga: Penguatan jaringan infrastruktur dan jalan bebas lubang.

Keempat: Penataan lingkungan permukiman kumuh dan rumah sehat bagi warga miskin.

Kelima: Memberikan perlindungan kesehatan menyeluruh dan penuntasan akses jamban keluarga sehat.

Keenam: Pengembangan industri, pertanian, pariwisata dan UMKM sebagai leading sector-nya.

Ketujuh: Peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Kedelapan: Penguatan pendidikan karakter, mental dan spiritual serta bantuan beasiswa prestasi bagi warga miskin, hafidz dan hafidzoh.

Kesembilan: Pembinaan olahraga prestasi dan pemberdayaan pemuda.

Sembilan program unggulan tersebut akan berjalan simultan melalui lima misi pembangunannya sebagai koridor untuk mencapai visi menuju masyarakat Kabupaten Tegal yang sejahtera, mandiri, unggul, berbudaya dan berakhlak mulia.

Untuk mewujudkan program tersebut melalui Bimtek Managemen Pemerintahan Desa bagi perangkat desa di Kabupaten Tegal perlu dukungan dan kerjasama semua pihak dalam membangun pemerintahan yang bersih melayani rakyat.

Sementara terkait pendanaan, ditegaskan Plt Dinas Permasdes yang juga selaku Inspektur Kabupaten Tegal, Prasetiawan SH MHum bahwa dana pelaksanaan kegiatan bimtek ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tegal tahun 2020. (dik)




Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com