Selamat Datang!

Cegah Bencana Alam, Seluruh Elemen Kabupaten Pemalang Bersinergi

VERTIVER- Bupati Pemalang Junaedi bersama Kapolres Pemalang AKBP Edy Sitepu dan Dandim Pemalang IC Tarigan serta seluruh elemen masyarakat menanam Rumput Vertiver di Desa Cawet Kecamatan Watukumpul/foto: dentang
PEMALANG (ranahpesisir.com)- Pagi indah nan sejuk tampaklah kompak dengan cahya mentari yang mulai beranjak naik menerangi alam semesta. Suasana alam yang asri penuh irama kicau burung nampak melengkapi dunia Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan kondisi yang terbilang sempurna tersebut, sudah menjadi kewajiban kita semua untuk bergandengan tangan, bahu membahu menjaga bahkan melestarikan alam semesta agar bisa sedikit mengurangi terjadinya bencana alam.

Tidak membuang sampah atau BAB sembarangan, tidak merusak hutan, hingga rajin menanam pohon yang berfungsi sebagai penahan tanah longsor dan menjadi penampung air bagi keberlangsungan kita semua.

Hal tersebut yang mendorong pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang, Polres Pemalang, Kodim 0711 Pemalang, Forkopimda, Forkopimcam, serta semua element masyarakat Pemalang untuk bersama sama menanam Rumput Vertiver di Desa Cawet, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang.

Ribuan rumput vertiver ditanam sebagai langkah pasti untuk mencegah, mengurangi, menanggulangi akan terjadinya bencana alam tanah longsor dikawasan selatan Kabupaten Pemalang.

Rumput vertiver yang terbukti bisa membantu mengurangi terjadinya bencana alam tanah longsor dipilih dengan tujuan agar lingkungan sekitar bisa sedikit tenang dan tidak was was jika terjadi bencana tanah longsor.

Dikatakan oleh Kapolres Pemalang AKBP Edy S Sitepu, pihaknya sebagai bagian dari Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah pasti ikut menjaga, melindungi, memelihara lingkungan dan alam sekitar. Serta bisa ikut bersama sama mencegah terjadinya bencana alam.

"POLRI adalah salah satu pilar di NKRI. Ya sudah pasti bisa ikut memelihara alam semesta, dan juga bisa ikut serta mencegah terjadinya bencana alam," ungkap Kapolres Pemalang.

Terkait diatas, Bupati Pemalang, DR A P H Junaidi SH MM mendukung secara penuh semua kegiatan yang bertujuan untuk menjaga lingkungan dan mencegah bencana.

"Pemerintah Kabupaten Pemalang, mengapresiasi pihak Polres Pemalang yang sudah membuat kegiatan menjaga lingkungan serta mencegah bencana alam dengan cara menanam rumput vertiver.

Seperti diketahui bersama, daerah se Kecamatan Watukumpul ini adalah daerah utama yang sering terjadi bencana tanah longsor.

"Kami berharap kegiatan ini bisa serentak dilaksanakan oleh warga masyarakat se Kabupaten Pemalang," kata Bupati, penuh semangat.

Suasana kegiatan penanaman rumput vertiver di Desa Cawet tersebut, tak hanya melibatkan warga masyarakat saja, namun juga diikuti para pelajar SD, SLTP, SLTA, ormas, dan staf Perhutani KPH Pemalang.

Sementara itu, Dandim 0711 Pemalang I C Tarigan menyatakan kesediaannya manakala dibutuhkan untuk membantu pemerintah dan warga masyarakat, terlebih demi pencegahan bencana dan perlindungan alam.

"24 jam kami siap untuk semua lapisan. Bahkan untuk program pencegahan bencana dan pemeliharaan lingkungan," tegas Dandim Pemalang.

Mengakhiri kegiatan tersebut, Camat Watukumpul, Umroni atas nama warga masyarakat Watukumpul menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta membantu dalam mengurangi resiko terjadinya bencana tanah longsor diwilayah Kecamatan Watukumpul.

"Dari lubuk hati yang paling dalam, saya dan semua warga Watukumpul sangat berterimakasih pada semua pihak yang ikut dalam kegiatan ini," pungkasnya. (dentang/yus)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com