Selamat Datang!

Cegah Virus Corona, Sebelum Sholat Jumat Masjid Disemprot Desinfektan

DESINFEKTAN- Petugas menyemprotkan desinfektan diseluruh area masjid jelang sholat Jumat/foto: yusmiladi
PEMALANG (ranahpesisir.com)- Maraknya informasi tentang penyebaran virus Covid 19 atau yang lebih dikenal dengan corona, berdampak kepada masyarakat luas. Fenomena ini secara tidak langsung menjadikan keresahan tersendiri di masyarakat. Bahkan tidak jarang bagi masyarakat yang kurang memahami menimbulkan kepanikan tersendiri.

Menyikapi hal tersebut, Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Ukhuwah Islamiyah Desa Klareyan Jumat pagi (20/03/2020) berkoordinasi dengan Puskesmas Klareyan melakukan penyemprotan desinfektan di Masjid Ukhuwah Islamiyah.

Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan virus covid 19. Disamping itu kegiatan ini juga diharapkan dapat membuat ketenangan dan memberikan rasa aman serta nyaman masyarakat dalam melakukan ibadah.

Ismail SHi, Ketua BKM UI menerangkan bahwa ini dilakukan bukan semata-mata karena menyikapi himbauan atau anjuran pemerintah, namun juga sebagai ikhtiyar umat muslim yang diharapkan dapat mencegah serta memberi rasa aman, nyaman masyarakat dalam melaksanakan ibadah.

"Kita bekerjasama dengan Puskesmas Klareyan melakukan langkah-langkah ini, diharapkan hal ini nantinya juga dapat diikuti di tempat ibadah yang lain," tegasnya.

"Dalam ibadah Jumat nanti juga akan disisipkan sosialisasi tentang cara cuci tangan sehat menggunakan bahan yang mudah temukan di sekitar kita," tambahnya.

H Gunadi, salah seorang petugas medis dari Puskesmas juga menambahkan bahwa kita bisa membuat atau meracik bahan sendiri. " Cukup dengan pembersih lantai dan sejenisnya yang intinya mengandung bahan clorin dicampur dengan air bersih kita sudah bisa membuat desinfektan sendiri," tuturnya.

Untuk komposisinya, kata Gunadi, satu liter air bersih dicampur dengan pembersih lantai atau bahan yang mengandung clorin sebanyak 30 ml. Cara penggunaannya cukup disemprotkan ataupun dengan cara mengepel lantai.

"Diharapkan masyarakat dapat membuat dengan komposisi tersebut dan selalu berperilaku hidup sehat seperti cuci tangan sebelum dan setelah beraktifitas," pungkanya.(yus)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com