Selamat Datang!

Dinkes Kendal Gelar Rakor Terkait Covid 19

RAKOR- Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal laksanakan rakor kesiapsiagaan covid 19/foto: istimewa
KENDAL (ranahpesisir.com)- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kendal melaksanakan Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan (Coronavirus) Covid-19 dengan materi pembinaan penanganan dan langkah antisipasi yang harus dilakukan.

Sekertaris Dinas Kesehatan Kendal dr Budi Mulyono, Rabu (11/3/2020) mengatakan sampai saat ini Kabupaten Kendal masih dalam kondisi aman. Terkait masker pada dasarnya lebih diperuntukan bagi seseorang yang mengidap penyakit agar tidak tertular.

“Sejak pertama pengumuman dari Kementerian Kesehatan tentang positif warga Indonesia yang terkena Covid-19, Kendal masih dalam kondisi aman. harapanya kita tidak terdamak, maka saya harap masyarakat Kendal tidak perlu khawatir dan tetap melakukan pola hidup sehat dengan mencuci tangan,” jelasnya.

Adapun terkait menipisnya ketersediaan masker, dr Budi menyampaikan bahwa Dinkes sampai saat ini telah berupaya untuk menjaga ketersediaan, dan masker bagi masyarakat memang tidak masuk dalam daftar, namun masker bagi lingkungan tenaga medis masih tergolong aman.

Sementara, pihak RSUD dr Soewondo Kendal juga memaparkan terkait alat pengamanan yang harus digunakan oleh petugas perawat dengan menggunakan pakaian khusus.

Plt Direktur RSUD dr Soewondo Kendal dr H Haris Tiyanto SpB memberikan pemaparan terkait pakaian yang perlu digunakan apabila menangani pasien yang positif Covid-19, sekaligus cara melepaskan pakaian setelah digunakan.

“Pakaian yang digunakan merupakan pakaian khusus yang jelas menutup rapat semua badan dan pakaian ini juga sekali pakai, cara melapasnya harus digulung langsung saat melepaskan dari tangan hingga kecil dan dibuang,” tegas dr Haris.

Menurutnya, perlu kiranya meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan melalui kerjasama, koordinasi dan komunikasi, baik lintas program maupun lintas sektor dalam upaya penanganan kasus yang ditemukan.

Rakor diikuti seluruh Kepala Puskesmas Kabupaten Kendal, 20 Kecamatan, OPD terkait, PJTKI, Lintas Sektor dan Pendidikan.(*)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com