Selamat Datang!

Dr Messy: Wasbang Berikan Jaminan Tercapainya Kepentingan Nasional

Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jateng Dr Messy dari Dapil IX saat jadi narasumber kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di Gedung Pramuka Kota Tegal, Senin (2/3/2020)/foto: hartadi
TEGAL (ranahpesisir.com)- Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tegal menggelar kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020, di Gedung Sanggar Pramuka Jalan Hangtuah Kota Tegal, Senin (2/3/2020).

Hadir sebagai narasumber anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Dapil IX Komisi E dari Fraksi PDIP Dr Messy MARS, Aktifis Undip Juang, Kepala Disporapar Kota Tegal yang diwakili Kepala Seksi Penyadaran dan Pemberdayaan Pemuda Haribowo SH MM dan tamu undangan.

Dalam sambutan Kepala Disporapar yang dibacakan Kepala Seksi Penyadaran dan Pemberdayaan Pemuda Kota Tegal Haribowo SH MM disampaikan betapa pentingnya kegiatan wawasan kebangsaan dan bela negara ini.

Permasalahan yang dihadapi pemuda dewasa ini dimasa depan bersifat kompleks dan membutuhkan penanganan masalah secara komprehensif, terutama aspek pengembangan kualitas SDM.

Namun ada berbagai tantangan yang dihadapi para pemuda dalam mengatasi berbagai ancaman baik di bidang politik, ekonomi, pertahanan dan lain-lain.

Ancaman dibidang ekonomi berupa semakin menguatnya dorongan untuk diberlakukannya sistem ekonomi perdagangan bebas, bidang politik berupa semakin kuatnya dominasi pihak asing, hingga dibidang militer, diantaranya ancaman terhadap integritas teritorial Indonesia.

Kesemua ancaman tersebut merupakan ancaman nyata yang harus dihadapi tidak hanya saat ini, namun juga hingga masa depan nanti. Ancaman yang juga nantinya harus dihadapi oleh para pemuda sebagai pewaris keberlangsungan bangsa ini.

Untuk itulah para pemuda perlu dibekali pemahaman yang benar tentang wawasan kebangsaan dan bela negara, sehingga pada saatnya nanti siap menerima estafet kepemimpinan bangsa dan negara tercinta Indonesia.

Diharapkan para pemuda memiliki kualitas kepemimpinan yang handal untuk berkiprah dalam pembangunan nasional secara umum di masa sekarang dan akan datang sebagai penerus pemimpin masa depan yang berwawasan kebangsaan dan memiliki ketahanan nasional yang tangguh dalam bingkai NKRI.

Dr Messy yang juga sebagai narasumber menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan dapat memberikan jaminan atas tercapainya kepentingan nasional, baik kedalam maupun keluar.

"Hal ini berarti bahwa wawasan kebangsaan memberikan gambaran dan arah yang jelas bagi kelangsungan hidup bangsa, sekaligus perkembangan kehidupan bangsa dan negara di masa depan," jelasnya.

Era reformasi dan demokrasi harus tetap berjalan. Namun penataan kehidupan berbangsa dan bernegara harus berjalan diatas rel kesepakatan bersama yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

"Pancasila sebagai landasan idiil, menjadi dasar bagi memantapkan pemahaman konsepsi wawasan kebangsaan, UUD 1945 sebagai landasan konstitusional yang merupakan sumber hukum tertinggi dari hukum yang berlaku di Indonesia," paparnya.

Sementara itu, Juang dari Fakultas Undip memgungkapkan, berbicara tentang wasbang tidak terlepas dari rasa cinta kita kepada bangsa Indonesia yang banyak memiliki keanekaragaman dan kekayaan alam.

Menurutnya, pentingnya wasbang karena kondisi bangsa Indonesia saat ini mengalami krisis ideologi, krisis politik, krisis sosial budaya. Hal ini menimbulkan banyak yang memecah belah bangsa Indonesia.

"Kondisi pertahanan kita juga terkikis, untuk itu diharapkan meningkatkan kembali wasbang dalam rangka menghadapi musuh bersama seperti maraknya berita-berita hoaks di medsos dengan tujuan memecah belah bangsa indonesia," terangnya

Kegiatan wasbang dan bela negara ini diharapkan dapat mempersatukan bangsa Indonesia dan menangkal musuh-musuh yang merongrong bangsa Indonesia tercinta ini.(*)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com