Selamat Datang!

NU Kota Tegal Peduli Bentuk Relawan Aksi Cegah Virus Corona

LANGKAH STRATEGIS- NU Kota Tegal sepakat bersama melakukam langkah strategis melalui Ansor-Banser, NU CARE LAZISNU dan Banom guna mencegah pernyebaran virus corona/foto: istimewa
TEGAL (ranahpesisir.com)- Berbagai langkah strategis dilakukan oleh NU Kota Tegal melalui Ansor-Banser, NU-CARE LAZISNU dan Banom lainnya yang sepakat bersama-sama mencegah persebaran wabah virus covid 19, khususnya di Kota Tegal.

Banyak agenda kegiatan NU dan Banomnya yang harus di tunda atau di cancel dengan alasan keamanan dan sebagai bentuk kepatuhan terhadap perintah pimpinan (PBNU) dan Pemerintah.

Di mulai dari pertengahan bulan Maret ini tak kurang berbagai gerakan berjalan masif dalam rangka antisipasi bersama-sama terhadap wabah covid-19.

Sarwo Edi, Ketua GP Ansor Kota Tegal menyampaikan, sebagai umat Islam wajib hukumnya berikhtiar yang terbaik untuk keselamatan bersama meski secara jujur banyak agenda organisasi dan keumatan lainnya yang tertunda.

Demikian kaidah fiqh Dar’ul Mafasid Muqoddamun ‘ala Jalbil Masholih menjadi penting untuk diterapkan secara konsisten.

Lebih lanjut Sarwo Edi mengatakan, tindakan ini tidak cukup dilakukan sendirian dalam penanganan pencegahan penyebaran wabah pandemi virus corona.

"Kita akan melakukan berbagai cara baik yang ditentukan oleh pemerintah yaitu social distancing dan kampanye cara hidup sehat serta selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara berdoa," terang Edi.

Bagi masyarakat cara tersebut adalah wasilah yang terbaik di tengah belum ditemukannya obat pencegahan virus tersebut. Pembacaan sholawat tibbil qulub menjadi salah satu amalan para sesepuh ulama NU ketika menghadapi sebuah wabah.

"Maka demi terhindarnya dari semua wabah, masyarakat dihimbau ikut berpartisipasi dalam upaya pencegahan yang ditetapkan oleh ulama dan umaro," imbau Edi.

Hari Selasa 24 Maret 2020 PC GP Ansor, NU-CARE LAZISNU dan BMT Kanzul Mubarokah An Nahdhiyah Kota Tegal sepakat membentuk relawan bersama untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat dan penyemprotan di berbagai tempat. Terutama tempat seperti masjid, kantor NU, madrasah, sekolah, pelayananan publik dan fasilitas publik.

Penyuluhan dan penyemprotan di lakukan oleh Tim relawan yang dibentuk langsung dalam musyawarah antara PC GP ANSOR, LAZISNU, dan BMT Kanzul Mubarokah An Nahdhiyah Kota Tegal. Sahabat Widi Irawan di tunjuk sebagai Ketua Relawan Pencegahan penyebaran virus corona.

Ketua Lazisnu Kota Tegal, Muhamad Basuki Budi Santoso mengemukakan, ini adalah wujud dari kepedulian Nahdlatul Ulama (PCNU Kota Tegal) terhadap persoalan kemanusiaan akibat virus corona yang sedang merebak di Indonesia, lebih khususnya di Kota Tegal.

"Kami selaku Pengurus NU Care LAZISNU Kota Tegal, siap bersinergi dengan GP Ansor untuk menggelar aksi penyuluhan dan penyemprotan di masjid, musholla, sekolah dan madrasah yang tersebar di empat MWC dan dua puluh tujuh ranting. NU akan selalu peduli dan hadir untuk persoalan kemanusiaan. musibah virus corona adalah masalah kita bersama, tentunya harus kita hadapi bersama terutama dengan pemuda. Saatnya GP Ansor bekerja sama dengan kita LAZISNU.

Hal serupa di sampaikan oleh Ketua Baitul Maal BMT Kanzul Mubarokah An Nahdhiyah, M Hadi Mulyono MPd. Ia menyampaikan dengan gerak aksi bersama Ansor Kota Tegal, BMT KMA MWC NU Margadana siap mendukung penuh.

"Mari kita perangi corona bersama agar kita bisa menjalankan aktifitas seperti semula. Semoga Allah SWT secepatnya menghilangkan wabah penyakit virus corona," harapnya. (*)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com