Selamat Datang!

Puskesmas Klareyan Pemalang Gelar Evaluasi Balita Sehat Indonesia

BALITA- Puskesmas Klareyan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang gelar kegiatan Evaluasi Balita Sehat Indonesia, Rabu (11/3/2020)/foto: yusmiladi
PEMALANG (ranahpesisir.com)- Kesehatan merupakan hal yang sangat penting, masyarakat dinilai sangat berperan dalam menjaga dan menciptakan lingkungan yang sehat. Pentingnya kesehatan harus dimulai sedari dini, tak terkecuali sejak anak usia balita.

Pemerintah juga sangat memperhatikan program-program kesehatan sejak anak dari usia balita. Seperti Puskesmas Klareyan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang yang menggelar kegiatan Evaluasi Balita Sehat Indonesia (EBSI), Rabu (11/3/2020).

Dimana kegiatan ini dapat menjadi tolak ukur dari pemahaman masyarakat tentang penerapan nilai-nilai kesehatan sejak usia balita. Kegiatan ini di ikuti oleh 8 (delapan) desa di wilayah jangkauan Puskesmas Klareyan. Masing-masing desa mengirimkan perwakilan balita sehat untuk di lombakan di acara ini.

Lomba Balita Sehat ini dibagi menjadi 2 katagori kelompok umur, yaitu usia 6 bulan sampai 2 tahun dan 2 tahun sampai 5 tahun.
Sedangkan untuk kriteria penilaiannya mencakup dari kesehatan gigi, gizi, psikologi anak. Masing-masing balita dinilai oleh tim juri.

Kepala Puskesmas Klareyan, dr Wendy Nuryanti mengatakan bahwa penting untuk memperhatikan kesehatan anak sejak dini. “Anak adalah anugerah yang wajib kita syukuri, untuk itu kesehatan dan tumbuh kembang anak sangatlah penting,” tutur dr. Wendy.

Para balita sehat yang di ikutkan dalam lomba ini diharapkan dapat menjadi contoh di lingkungan masing-masing nantinya. “Harapan kami selaku petugas kesehatan tentunya setelah acara evaluasi ini, para orang tua dapat menjadi contoh ataupun agen kesehatan di lingkungannya,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut juga diselipkan penyuluhan tentang kesehatan oleh petugas dari Puskesmas Klareyan. Hal ini bertujuan supaya menambah wawasan yang diharapkan nantinya dapat diterapkan dalam menjaga kesehatan dan tumbuh kembang si buah hati.

Kusmiyati (40), salah satu orang tua yang mengikuti kegiatan ini juga merasa sangat terbantu dan belajar banyak tentang kesehatan balita. “Saya selalu rutin mengikuti kegiatan posyandu yang ada di lingkungan. Alhamdulillah saya semakin tahu tentang pentingnya menjaga kesehatan sejak balita," ungkapnya.

Untuk pemenang dalam Evaluasi Balita Sehat Indonesia ini akan diumumkan Minggu depan, disamping itu juga pemenang nantinya akan mewakili Evaluasi Balita Sehat Indonesia di tingkat Kabupaten.(yus)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com