Selamat Datang!

Representatif, Stasiun Brebes Kekinian

PERESMIAN- Dirut PT KAI Edi Sukmoro bersama Wakil Bupati Brebes Narjo saat memberikan keterangan dihadapan awak media yang meliput peresmian penataan Stasiun Brebes/foto: istimewa 
BREBES (ranahpesisir.com)- Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH atas nama pemerintah dan warga masyarakat Brebes mengaku bangga dan berterima dengan penataan Stasiun Brebes sehingga representatif. Termasuk adanya program pemberhentian kereta eksekutif dan tersedianya UMKM Brebes.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Brebes dan warga masyarakat Brebes, kami mengucapkan terima kasih atas penataan Stasiun Brebes,” ungkap Wakil Bupati Brebes Narjo saat peresmian penataan stasiun, Jumat (6/3/2020).

Menurut Narjo, langkah penataan Stasiun Brebes merupakan sebuah trobosan yang baik. Apalagi Brebes tengah menuju Kawasan Industri Brebes (KIB) dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB). Dengan harapan, penumpang yang naik dan turun ke Brebes makin banyak sehingga bisa memberikan kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat Brebes dan sekitarnya.

Peresmian Penataan Stasiun Brebes ditandai dengan pengguntingan pita melati oleh Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro yang melintang dipintu masuk penumpang. Turut mendampingi Wakil Bupati Brebes, Kapolres Brebes Gatot Yulianto, Kasdam Dandim 0713/Brebes, Kepala Dinas Perhubungan Brebes Johari, Kepala Daop 3 Cirebon dan pejabat lainnya.

”PT KAI terus berupaya untuk memberikan kenyaman serta meningkatkan fasilitas pendukung pelayanan penumpang di Stasiun Brebes dengan penataan dan perluasan beberapa fasilitas yang lebih baik,” terang Edi.

Dia menjelaskan, Stasiun Brebes merupakan salah satu stasiun kelas 1 yang beroperasi di wilayah PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon. Stasiun Brebes merupakan stasiun kebanggaan masyarakat Kabupaten Brebes dalam bertransportasi menggunakan KA. Pertumbuhan penumpang di Stasiun Brebes juga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Tercatat, dalam pelayanan penumpang di tahun 2017 Stasiun Brebes melayani sebanyak 149.244 penumpang, tahun 2018 sebanyak 205.664 penumpang dan pada tahun 2019 sebanyak 217.619 penumpang. Setiap hari Stasiun Brebes melayani 500-700 penumpang, baik yang naik ataupun turun. Saat akhir pekan atau hari besar nasional, jumlah tersebut meningkat sampai 1.000 penumpang.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pengguna jasa kereta api sekaligus memenuhi Standar Pelayanan Minimum sesuai PM No 63 Tahun 2019, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon terus berinovasi dengan melakukan penataan Stasiun Brebes.

Sebelumnya, terbatasnya area Hall dan Selasar stasiun menjadikan penumpukan penumpang jelang keberangkatan ataupun kedatangan kereta api. Kurang luasnya area parkir mobil dan motor juga menjadi perhatian KAI dalam melakukan penataan.

“Adapun fasilitas pelayanan yang ditata meliputi pembangunan Ruang Loket dan Customer Service (CS), pembangunan Area Parkir Mobil, Taman, Area Drop Off, Mushola, Toilet dan perpanjangan Peron serta Overcaping,” jelas Edi Sukmoro.

Perpanjangan peron dan overcaping dimulai pada bulan April hingga September 2019 lalu sedangkan untuk penataan Stasiun Brebes dimulai pada bulan Oktober 2019 lalu. Ruang lingkup pekerjaan penataan pembangunan mulai dari ruangan loket dan CS, Mushola dan Toilet zona 1, perluasan ruang tunggu zona 2, penataan area parkir motor, perluasan selasar zona 3, serta pembangunan Taman, dan area Drop Off. Selain itu, untuk mempercantik tampilan depan Stasiun, kini terdapat land mark atau signed Stasiun Brebes.

Dengan dilakukannya penataan Stasiun Brebes diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk bertransportasi menggunakan kereta api serta dapat melayani penumpang KA dengan lebih baik karena daya tampung atau kapasitas area parkir stasiun yang lebih luas dan lebih representatif.

Bersamaan dengan peresmian penataan Stasiun Brebes, PT KAI (Persero) juga turut menyalurkan bantuan bina lingkungan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendukung Gerakan Kembali Bersekolah di Kabupaten Brebes. Bantuan senilai Rp 50 juta diberikan PT KAI kepada 200 siswa se Kabupaten Brebes. Bantuan tersebut diwujudkan dalam bentuk 200 tas sekolah, 200 set alat tulis serta 200 stel seragam sekolah. (*)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com