Selamat Datang!

Di Kabupaten Tegal, Satu Orang PDP Asal Brekat Tarub Terkonfirmasi Positif

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal, dr Joko Wantoro/foto: istimewa
SLAWI (ranahpesisir.com)- Satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Desa Brekat Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal yang sebelumnya sempat dikabarkan pergi meninggalkan rumah sakit tanpa izin dari tempatnya dirawat di Kota Tegal, terkonfirmasi positif Covid-19.

Informasi ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Tegal dr. Joko Wantoro, Sabtu (25/4) sore tadi.

Joko mengatakan, perihal tersebut pihaknya sudah dikabari Dinas Kesehatan Kota Tegal semalam. Namun, karena belum adanya salinan resmi hasil pemeriksaan swab, pihaknya belum bisa menetapkan status pasien yang bersangkutan ke dalam terkonfirmasi positif.

“Saat ini, pasien sedang menjalani perawatan di RSUD Suradadi dan sekarang sudah kita tetapkan statusnya sebagai pasien terkonfirmasi positif," katanya.

Lebih lanjut Joko menginformasikan, pasien tersebut adalah seorang laki-laki berusia 42 tahun dan karena profesinya sebagai pengemudi moda transportasi umum di Jakarta, maka statusnya saat itu sudah dicatat sebagai PDP.

Dengan adanya kasus ini maka jumlah terkonfirmasi positif di Kabupaten Tegal menjadi 12 orang dengan rincian satu orang sembuh, dua orang meninggal dunia dan sembilan orang sedang dirawat di rumah sakit.

“Dua dari sembilan pasien terkonfirmasi positif yang dirawat di rumah sakit berasal dari Desa Brekat Kecamatan Tarub," ujar Joko.

Sementara diperoleh kabar jika ada seorang pejabat ASN di lingkungan Pemkab Tegal yang menjadi PDP di RSUD Suradadi sejak Jumat (24/4) kemarin dengan hasil rapid test positif.

Joko pun membenarkan informasi tersebut dan mengatakan jika ada salah satu pejabat di lingkungan Pemkab Tegal, laki-laki berusia 47 tahun, berdomisili di Pemalang ditetapkan statusnya sebagai PDP.

“Beliau adalah seorang pejabat pemangku wilayah tingkat kecamatan. Di masa pandemi Covid-19 ini, mobilitas dan intensitasnya di lapangan cukup tinggi," lanjutnya.

Namun demikian, siapa saja yang menjadi kontak eratnya kini sudah ada dalam daftar tracking Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dan sebagian sudah dilakukan rapid test untuk mengetahui hasilnya.

Ditanya soal dugaan tertularnya pejabat ASN ini, pihaknya belum bisa memastikan karena masih dalam proses pendalaman.

"Sejauh ini memang tidak ada riwayat perjalanan dari luar daerah, sehingga tracking kita fokuskan pada orang-orang terdekatnya," ungkap Joko.

Sementara satu orang dalam pemantauan (ODP) laki-laki berusia 27 tahun asal Kecamatan Lebaksiu meninggal dunia hari Sabtu (25/4) pagi.

Joko menambahkan, dari hasil tracking diketahui ada riwayat perjalanan dari Bali dan telah tinggal di rumah selama 12 hari sebelum akhirnya meninggal dunia.

“Hasil pemeriksaan kami menyebutkan ada komorbid atau penyakit penyerta dan TB paru. Namun untuk memastikan ada tidaknya infeksi Covid-19 pihak rumah sakit sudah mengambil sampel swab tenggorokan untuk diperiksa lebih lanjut," pungkasnya. (*)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com