Selamat Datang!

Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang Lakukan Kunjungan Lokal

KUNJUNGAN LOKAL- Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang melakukan kunjungan lokal, salah satunya ke Desa Wonogiri dengan menyambangi Posko Tanggap Covid-19, Senin (13/4/2020)/foto: eriko garda demokrasi
PEMALANG (ranahpesisir.com)- Menjaga kesehatan diri merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua masyarakat ditengah pandemi Covid-19 ini. Kebijakan serta anjuran dari pemerintah mengenai penggunaan alat pelindung diri berupa masker harus dipatuhi dan laksanakan, karena dengan itulah rantai penyebaran virus bisa dimusnahkan.

Hal itulah yang menjadi perhatian DPRD Kabupaten Pemalang. Maka dari itu, guna mengecek desa-desa di wilayah Kabupaten Pemalang dalam rangka penanggulangan wabah Covid-19, DPRD Kabupaten Pemalang menerjunkan anggotanya untuk melakukan kunjungan lokal.

Hal itu juga yang dilakukan Daliwan, anggota Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang pada hari Senin (13/4/2020). Kunjungannya kali ini terfokus pada penanganan serta upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang ada di 5 desa, yaitu Desa Wonogiri, Blimbing, Karangasem, Petanjungan dan Kendalsari.

Dalam kunjungannya ke Desa Wonogiri, Daliwan anggota DPRD Kabupaten Pemalang dari Fraksi PKS menanyakan kepada Herry Agus Sugianto selaku Kepala Desa, terkait bagaimana penanganan Pemerintah Desa (Pemdes) selama ini terhadap wabah Covid-19.

"Untuk penanganannya bagaimana, apakah sejauh ini aman? adakah yang berstatus orang dalam pengawasan (ODP)?" tanya Daliwan, mengingat wilayah Desa Wonogiri luas serta memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak mencapai 3.779 jiwa.

Menjawab pertanyaan tersebut, Herry Agus Sugianto menjawab menyatakan bahwa desanya aman, dan tidak ada yang berstatus ODP.

"Di desa kami aman, tidak ada yang berstatus ODP. Upaya yang sudah dilakukan Pemdes Wonogiri yaitu telah melakukan 3 kali penyemprotan natrium peroksida yang aman untuk manusia dan ampuh membunuh virus," terang Herry.

Rencananya, masih kata Herry, pihaknya akan kembali melakukan penyemprotan lagi di sepanjang jalan dan rumah-rumah warga, serta pembagian masker.

Daliwan secara langsung juga meninjau ruang isolasi yang diperuntukan bagi warga maupun pendatang/foto: eriko garda demokrasi
Mengacu pada anjuran yang dikeluarkan oleh WHO (World Health Organization) mengenai penggunaan masker, Pemerintah Indonesia kini mengeluarkan kebijakannya mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah sebagai alat pelindung diri.

Daliwan pun menyatakan kepada Kepala Desa Wonogiri, bahwa pihaknya akan segera mengirimkan bantuan masker yang nantinya dibagikan untuk masyarakat. Daliwan juga meninjau secara langsung ruang isolasi yang disediakan Pemdes Wonogiri.

Ruang isolasi tersebut diperuntukan bagi warga maupun pendatang yang memiliki keluhan kesehatan. Selanjutnya mereka akan diperiksa oleh Dinas Kesehatan setempat. Bila tidak timbul gejala dan dinyatakan sehat, maka yang bersangkutan diperbolehkan pulang ke rumah.

Diakhir kunjungannya, Daliwan berpesan untuk seluruh masyarakat umum. "Dimohon untuk seluruh masyarakat umum untuk selalu menjaga kesehatan, selalu mencuci tangan, menjaga jarak dan jangan berkerumun, serta tetap dirumah aja bila tidak ada kepentingan mendesak," pungkasnya. (eriko)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com