Selamat Datang!

Komisi C DPRD Pemalang Tinjau Ricemill Diwilayah Petarukan

TINJAU RICEMILL- Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang didampingi Dinas Pertanian meninjau langsung ricemill diwilayah Kecamatan Petarukan, Selasa (14/4/2020)/foto: eriko garda demokrasi
PEMALANG (ranahpesisir.com)-Sektor pangan dan pertanian merupakan hal penting yang harus diperhatikan ditengah pandemi Covid-19, karena keduanya berkaitan dengan keberlangsungan hidup masyarakat. Sektor pangan harus menjadi perhatian khusus demi menjaga stabilitas kehidupan masyarakat.

Terkait diatas, Daliwan, Eli Riyanti, dan Nurhidayati dari Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang didampingi Dinas Pertanian setempat meninjau secara langsung ke ricemill (lokasi pengolahan padi) di beberapa desa, guna mengetahui ketahanan sektor pangan saat ini dan masa mendatang di wilayah Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang.

Lokasi yang ditinjau adalah ricemill di Desa Loning dan Temuireng yang menerima bantuan berupa mesin pengering padi (vertical paddy dryer) dari Kementerian Pertanian pada tahun 2018.

Dalam suatu proses produksi baik menggunakan mesin ataupun manual tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan.

Eli Riyanti pun menanyakan hal ini kepada pihak ricemill. "Pak untuk kualitas hasil pengeringan menggunakan mesin dibanding yang dijemur dengan matahari ada perbedaan kualitasnya nggak?"

Pihak ricemill Desa Loning menjelaskan, bahwa kualitas hasil dari pengeringan menggunakan mesin justru lebih bagus dan secara fisik menghasilkan padi yang utuh.

Sedangkan, Daliwan mengungkapkan harapan dari adanya bantuan mesin pengering padi yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat.

"Harapannya mesin ini dapat digunakan semaksimal mungkin, untuk membantu para petani agar sirkulasi beras di wilayah ini aman dan tidak kehabisan stok," ungkap Daliwan.

Disisi lain, kunjungan ini memberikan kesan dan pengalaman bagi Nurhidayati tentang adanya bantuan yang diberikan pemerintah pada tahun 2018, sebelum ia menjabat sebagai anggota Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang.

"Saya jadi tahu adanya bantuan seperti ini, sangat mempermudah bagi para petani karena hujan pun masih bisa melakukan pengeringan padi," jelas Nurhidayati. (eriko)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com