Selamat Datang!

Petugas Puskesmas Lakukan Screening, Bupati Pemalang: "Screening Warga dengan Penuh Keramahan"

Petugas puskesmas lakukan screening, Bupati Pemalang screening warga dengan penuh keramahan/foto: yusmiladi
PEMALANG (ranahpesisir.com)- Pemerintah pusat, provinsi hingga kabupaten atau kota, saat ini terlihat penuh semangat untuk mengajak para warga masyarakat berjuang dalam mengantisipasi semakin merebaknya Covid 19 di NKRI.

Tak hanya melalui siaran langsung, tapi juga pamflet atau spanduk, hingga terjun langsung ditengah warga masyarakat guna melakukan pengecekan kesehatan (test suhu tubuh) para warga, terlebih pada warga masyarakat yang baru pulang dari perantauan.

Hal tersebut bukan hanya sebagai tugas saja, tetapi lebih pada tindakan nyata dalam mengantisipasi, mencegah, mengemukakan hingga mengajak para warga untuk selalu hidup bersih, hindari kerumunan, jaga kesehatan, perbanyak minum vitamin, bahkan menghimbau warga untuk tidak melakukan perjalanan keluar kota agar terhindar dari paparan virus corona yang saat ini makin meluas pandeminya.

Hal tersebut nampak nyata di salah satu puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Tampak 2 orang petugas Puskesmas Paduraksa tengah bersiap melakukan pendataan, pemeriksaan (Screening) pada para warga yang hendak melakukan pemeriksaan kesehatannya.

Dikatakan oleh Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Mardiyanto, pihaknya telah berkoordinasi dengan semua puskesmas untuk selalu bersiap melakukan pemeriksaan dasar para warga masyarakat guna memantau dan mengantisipasi perkembangan Covid 19 di Kabupaten Pemalang.

"Sudah kami koordinasikan dengan semua puskesmas, agar selalu melakukan screening para warga yang hendak melakukan pemeriksaan di puskesmas, baik itu pemeriksaan kesehatan umum, kehamilan, maupun pemeriksaan yang berkaitan dengan Covid 19. Dengan demikian kita bisa memantau bahkan mengantisipasi pandemi Covid 19 di Kabupaten Pemalang," ungkap pria yang akrab disapa Pak Iyan, Kamis (9/4/2020).

Hal yang sama diungkapkan orang nomor satu di Kabupaten Pemalang, DR A P H Junaidi SH MM, sebagai pemimpin di Kabupaten Pemalang, pihaknya selalu menghimbau para personel Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 di Kabupaten Pemalang, seperti TNI, Polri, Tenaga Kesehatan, hingga ASN yang menangani Covid 19. Utamakan pelayanan prima, ramah tamah, selalu siap melakukan pemeriksaan pada warga yang dimungkinkan memiliki ciri khas dari tanda tanda terpapar Covid 19.

"Sudah kami himbau pada semua anggota Gugus Tugas Covid 19 untuk selalu ramah, bahkan selalu siap jika melakukan pemeriksaan lanjut terhadap warga yang punya ciri khas terpapar Covid 19," ungkapnya.

Sementara itu, dari hasil pantauan di Posko Covid 19, di Pendopo Kabupaten Pemalang, Kamis (9/4/2020), warga yang termasuk ODP (Orang Dalam Pemantauan) berjumlah 2199 dengan rincian 864 warga dalam pemantauan, 1335 warga dinyatakan selesai pemantauan.

Untuk warga yang masuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 26 warga, dengan rincian 15 warga dalam pengawasan, 11 warga dinyatakan selesai pengawasan. Sedangkan untuk warga yang dinyatakan positif Covid- 19 serta sedang dalam perawatan berjumlah 2 orang dan belum dinyatakan sembuh.
(dentang/yus)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com