Selamat Datang!

Bisa Test Swab Mandiri, Pemalang Tingkatkan Volume Pengiriman Sampel

Bisa test swab mandiri, kini Kabupaten Pemalang tingkatkan volume pengiriman sampel/foto: eriko garda demokrasi
PEMALANG (ranahpesisir.com)- Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pemalang terus meningkatkan upaya kinerja. Buktinya, kini Kabupaten Pemalang sudah bisa melakukan test swab mandiri. Kemajuan tersebut disampaikan Tetuko Raharjo selaku Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pemalang mewakili Bupati H Junaedi selaku Ketua Gugus dalam konferensi pers (konpers), Sabtu (9/5/2020).

"Beberapa waktu yang lalu oleh Dinas Kesehatan dengan instruktur rumah sakit M Ashari telah melakukan pelatihan metode pengambilan swab bagi para tenaga medis yang ada di jajaran kesehatan maupun rumah sakit swasta," kata Tetuko.

Tetuko menambahkan, upaya peningkatan kinerja yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pemalang, diantaranya yaitu peningkatan volume pengiriman dan kuantitas jumlah pengiriman sampel dari orang atau pasien yang ditengarai terdapat gejala klinis maupun dari orang-orang yang kontak dekat dengan orang yang terkonfirmasi positif ke beberapa lab Kementrian Kesehatan (Kemenkes) yang ada di Jawa Tengah, baik di Semarang maupun Salatiga.

Beberapa waktu lalu, Gugus Tugas Percepatan penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pemalang telah mengirimkan 24 contoh hasil test swab mandiri kepada lembaga resmi Kemenkes dengan hasil 23 orang negatif dan 1 orang positif Covid-19. Namun kini 1 pasien positif Covid-19 tersebut telah dinyatakan negatif atau sembuh setelah sebelumnya terkonfirmasi positif terpapar Corona.

"Terdapat 23 orang yang dinyatakan negatif terkonfirmasi positif Covid-19 dan satu diantaranya setelah dilakukan dua kali swab dinyatakan negatif atau sembuh setelah sebelumnya terkonfirmasi positif," ungkap Tetuko.

Pasien tersebut merupakan tenaga medis asal Tegal berinisial N, usia 32 tahun, jenis kelamin Perempuan. Kini yang bersangkutan segera dipulangkan guna melakukan penyesuaian dengan isolasi mandiri selama 14 hari sesuai protokol kesehatan.

Sedangkan dari 24 hasil test swab terbaru yang telah dikirimkan ke lembaga resmi Kemenkes menunjukan hasil terdapat 1 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Dari 24 sampel yang terkirim, terdapat 1 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif," ujar Tetuko.

Pasien berinisial T, usia 60 tahun, jenis kelamin Laki-laki, asal Kecamatan Comal tersebut selanjutnya akan menjalani karantina mandiri dirumah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dia akhir konpers, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pemalang menyampaikan terima kasih kepada segenap masyarakat yang selama ini telah bekerja sama dalam rangka memutus rantai penularan Covid-19. Gugus Tugas juga menghimbau agar masyarakat tetap taat serta disiplin dengan menjalankan protokol kesehatan ditengah pandemi saat ini.(eriko)


Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com